Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Simak! 7 Industri Ini Paling Butuh Teknologi 5G Di Ri


Masmalven.com - Christian G. Gustiana, General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, memberikan keterangannya bahwa teknologi 5G siap untuk di implementasikan pada sektor industri.

Sebelum masuk ke pembahasan, yuk ketahui apa itu jaringan 5G ini.

"Kami ingin menjadi yang pertama menerapkan 5G di Indonesia. Maka dari itu, sesuai mandat Kominfo, kesannya kita berhasil menjajal sinyal 5G di Batam," ujarnya

"Belum dikenali prediksi 5G di Indonesia Telkomsel untuk komersil. Kami di Telkomsel lebih cenderung mengimplementasikan 5G untuk industri atau B2B bukan terhadap pelanggan," Tambah Christian.

Christian juga membeberkan 7 industri yang bisa memanfaatkan jaringan 5G ini:

1. Pengawasan dengan Drone

Smart Air Patrol yakni teknologi yang memanfaatkan drone untuk memantau operasional pabrik secara real-time dengan pengiriman berlatensi rendah.

Bisa juga digunakan untuk penyiraman pupuk atau memantau susukan pipa untuk industri agrikultur, minyak dan gas.

2. Pemantauan Lalu Lintas

Smart Surveillance ini mampu dipakai pada sektor keamanan dan kemudian lintas. Melalui jaringan 5G ini, bisa mempercepat pemindaian obyek seperti plat nomor kendaraan di jalan atau pengenalan paras dengan kualitas gambar HD.

Smart Surveillance juga dapat di implementasikan untuk industri logistik dan transportasi, yang mana secara real-time mengawasi tiap pergerakan kendaraan. Sehingga menciptakan lebih gampang administrasi lalu lintas Operator Pelabuhan maupun Operator Bandar Udara.

3. Teknologi Virtual Reality (VR)

Immersive Collaboration (IC) ialah sambungan layanan ultra broadband yang memungkinkan kolaborasi tanpa batas antara pelaku bisnis di banyak sekali lokasi untuk saling melaksanakan pekerjaan sama. Sistem ini juga disokong teknologi fixed wireless access.

4. Perencanaan Kota

Jaringan 5G mampu menolong pekerjaan tata kota dengan teknologi mixed reality. Teknologi mixed reality mengkombinasikan penampilan virtual dengan penampilan konkret. Tampilan virtual itu mampu berbentukhologram atau performa dengan dukungan kacamata terpelajar.

Teknologi ini dianggap bisa membuat lebih mudah penataan ruang perkotaan alasannya pemerintah mampu mencocokkan perencanaan mereka dengan performa kasatmata.

5. Koneksi Lebih Cepat

Koneksi 5G memungkinkan pengguna mengunduh dan mengunggah video dengan kecepatan tinggi serta mengoptimalkan panggilan video. Selain itu, sistem ini juga cocok untuk sektor industri inovatif yang memungkinkan pengguna menerima sajian konten video hingga resolusi 4K tanpa terganggu.

6. Cloud Gaming

Koneksi 5G mampu membuka potensi berkembangnya industri cloud gaming. Dengan teknologi ini, pemain game hanya perlu melakukan streaming game yang hendak dimainkan.

7. Membantu Industri 4.0

Pada sektor logistik, pelaku bisnis mampu mempergunakan koneksi ini dalam memonitor mobilisasi barang dipergudangan atau pabrik. Karena jangkauan 5G lebih luas dari Wifi, sehingga pengguna cuma butuh sedikit perangkat.