Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yuk Intip! Dua Fitur Kamera Galaxy S11: Bright Night Dan Space Zoom



Masmalven.com - Samsung Galaxy S11 disebut akan memiliki kenaikan di sektor kamera yang signifikan dibandingkan S10. Apa saja?

Space Zoom

Salah satu fitur andalan dari S11 ialah kamera dengan zoom optik yang besar, yang bernama Space Zoom. Syarat ini pun telah didaftarkan patennya oleh Samsung di Eropa.

Keberadaan fitur ini didukung oleh aba-aba nama Hubble untuk salah satu kamera yang ada di dalam ponsel tersebut. Apa itu Space Zoom?

Belum ada berita yang pasti tentang hal itu, namun fitur yang akan memanfaatkan kamera dengan zoom yang besar yang diperoleh dari penggunaan bertipe periskop, seperti yang ada di ponsel lain yaitu Huawei P30 Pro.

Samsung sendiri merupakan pemegang saham terbesar di Corephotonics, yang disebut selaku inisiator teknologi zoom pada kamera dengan paten pertama yang didaftarkan pada 2013.

Bright Night Sensor

Istilah ini muncul dari pendaftaran paten Samsung di Eropa. Belum dikenali apa yang dimaksud dengan ungkapan ini, namun salah satu perkiraan yang timbul yakni penggunaan teknologi pixel binning gres pada sensor 108 megapixel yang digunakan di Galaxy S11.

Sensor 108 megapixel di Galaxy S11 kabarnya berlainan dengan sensor yang dipakai Mi Note 10.

Perbedaannya ada pada teknologi pixel binning anyar yang mampu menangkap lebih banyak cahaya.

Biasanya, pixel binning cuma menggabungkan 4 pixel menjadi 1 pixel (2x2), sementara di sensor 108 megapixel S11, menggabungkan 9 pixel menjadi 1 pixel (3x3).

Ukuran pixel menggunakan pixel binning 3x3 menjadi 2,4 mikron, jauh lebih besar dari ukuran pixel pada S10 yang hanya 1,4 mikron pada ukuran normalnya. Samsung mungkin yakin pada kemampuan sensor anyarnya ini dan bakal diberi nama Bright Night Sensor.

Dengan ukuran pixel yang lebih besar, pastinya cahaya yang ditangkap oleh sensor itu bakal lebih besar, yang artinya kameranya memaksimalkan foto yang dipotret di kawasan gelap.

Kaprikornus, sensor 108 megapixel itu bakal menciptakan foto dengan resolusi 12 megapixel, tetapi dengan detail, warna, dan dynamic range yang lebih cantik. Ini menjadi sebuah hal gres di dunia fotografi ponsel, sebab selama ini sensor dengan kemampuan tinggi umumnya memiliki resolusi yang relatif rendah, adalah 12 megapixel.

Namun, isu ini belum sepenuhnya lengkap, tentu kita harus menanti Samsung resmi yang merilis S11, yang diperkirakan akan terjadi pada tahun 2020.