Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Promo Besar-Besaran Di Marketplace, Pemasaran Ponsel Online Naik Di Final Tahun


Masmalven.com - Beberapa vendor ponsel di penghujung tahun menawarkan ponsel dengan harga yang lebih ekonomis biaya. Kita sebut saja Samsung dan Xiaomi, yang memberikan ponsel dengan harga lebih rendah di tamat tahun ini.

Menurut penulis, penjualan di pasar offline (toko ponsel fisik) di final tahun ini mengalami sedikit kenaikan.

Prediksi penjualan via online juga akan mengalami kenaikan yang besar juga.

Misalnya, dalam observasi saya di Surabaya, penjualannya relatif stagnan. Ada kenaikan sedikit sekali. Namun, ini di dalam pasar offline. Belum lagi via online yang mengalami kenaikan, alasannya adalah marketplace memberikan promo untuk konsumennya.

"Saya menduga bahwa pemasaran via online mengalami peningkatan yang lebih besar. Karena prinsipal dan marketplace secara gencar-gencaran menyelenggarakan promo," tambah penulis.

Pada November kemudian, Canalys mengungkapkan bahwa pangsa pasar dan pertumbuhan ponsel di Indonesia pada kuartal III 2019.

Nah, ada top lima vendor yang masuk dalam laporan Canalys, yakni Oppo, Xiaomi, Samsung, Vivo, dan Realme.

Seperti yang dilaporkan sebelumnya, Oppo masih berada di posisi pertama dengan pangsa pasar 23 persen dan pertumbuhan 47 persen.

Bagaimana untuk Samsung?

Sebelumnya, Samsung berada di posisi kedua, namun kini merosot pada posisi ketiga. Meskipun, penjualan ponsel pandai-nya tumbuh, posisi Samsung masih kalah dengan Xiaomi.

Xiaomi sukses meraih 22 persen pangsa pasar, dan perkembangan 22 persen. Sementara itu, Samsung lebih rendah dengan pangsa pasar 21 persen, untuk pertumbuhannya naik 6 persen.