Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pdf: Sejarah, Fungsi Dan Keunggulan Pdf

dokumen yang sering kita jumpai baik itu tugas Pengertian PDF: Sejarah, Fungsi dan Kelebihan PDF

Kalian pasti sering mendengar PDF (Portable Document Format), banyak dokumen-dokumen yang sering kita jumpai baik itu tugas, pembayaran atau file lainnya. Disini kita akan mempelajari pengertian pdf, sejarah, fungsi dan kelebihan pdf itu sendiri.

Pengertian PDF

PDF (Portable Document Format) adalah sebuah format atau jenis ekstensi maupun berkas yang dibuat untuk aneka macam kebutuhan misalnya pertukaran dokumen digital yang dibentuk oleh Adobe System.

Sejarah PDF

PDF (Portable Document Format) pertama kali dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993. Awalnya, PDF ini digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital.

Seiring perkembangannya, PDF ini banyak dipakai untuk kebutuhan penghidangan dokumen yang berisi teks, karakter, dan grafik vektor. Pihak Adobe SSystem Inc juga tengah membuatkan program Acrobat 3D yang memiliki kemampuan untuk membaca dokumen tiga dimensi.

PDF (Portable Document Format) sudah menyanggupi kriteria ISO dengan kode 320001:2008 semenjak bulan Juli 2008. Sesuai dengan pengertian yang telah masmalven sebutkan diatas, PDF ini sering digunakan dalam manajemen perkantoran alasannya adalah kemudahannya. Meskipun pada mulanya format PDF ini kurang disenangi sebab kalah bersaing dengan Microsoft Office.

Fitur PDF ini menciptakan lebih gampang para penggunanya untuk mengarsipkan dokumen yang membuat PDF menjadi kian banyak yang menggunakannya. Bahkan, bukan cuma software dari Adobe Reader saja yang mampu mengakses file PDF ini. Namun, juga terdapat software lainnya seperti Foxit Reader, Adobe Flash, dan lain sebagainya.

Fungsi PDF

PDF (Portable Document Format) ini memiliki fungsi untuk menciptakan dan menyimpan sebuah dokumen yang berisi teks, gambar, maupun link dengan format khusus yang mampu dibuka pada komputer yang mempunyai software yang mendukung file PDF, maupun link dengan format khusus yang mampu dibuka pada komputer yang mempunyai software yang mendukung file PDF.

Dapat disimpulkan bahwa PDF meruapakan sebuah dokumen yang mempunyai format khusus yang fleksibel serta mampu digunakan pada komputer maupun ponsel arif dengan acara khusus manapun. Hal ini berlawanan dengan dokumen dari Microsoft Office, format PDF ini cenderung lebih aman alasannya adalah PDF ini lebih fleksibel dan dapat dikunci sehingga lebih aman.

Mengirimkan dokumen dengan format PDF yaitu pilihan yang sempurna apabila dokumen sudah benar (fix) dengan penampilan yang mempesona. Untuk pengirimannya lazimnya lebih singkat sebab memiliki ukuran yang lebih kecil. Penggunaan dari PDF ini telah banyak baik untuk kebutuhan secara biasa maupun khusus.

Baca Juga: Pengertian File Pada Komputer

Kelebihan PDF

Berikut ini ialah kelebihan dari PDF yang perlu kita ketahui.

1. Fleksibel

PDF ini yaitu produk digital yang fleksibel, sehingga PDF memungkinkan untuk dibuka di aneka macam perangkat mirip ponsel akil maupun komputer. Meskipun dibuka pada perangkat yang berlawanan, isi dokumen PDF tersebut tidak akan berganti. Karena filenya bersifat tetap dan tidak akan berganti tanpa adanya pemberian software PDF editor. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan dari PDF daripada Ms Word.

2. Dapat Dikunci

Pihak Developer atau penggerak PDF Adobe System ini membuatkan fitur lock pada dokumen PDF. Jika kamu ingin menciptakan dokumen PDF yang tidak mampu disalin atau hanya ingin dilihat oleh orang lain saja, maka kau dapat menggunakan fitur kunci dokumen ini untuk menunjukkan password pada dokumen PDF yang kamu buat.

3. Dapat Diedit

Khawatir dengan dokumen yang telah terlanjur kamu konversi ke dalam bentuk PDF tidak mampu di edit lagi? Atau susunan teks kamu menjadi berserakan? Jangan cemas, sebab kamu masih mampu mengedit dokumen PDF tersebut dengan menggunakan pemberian software PDF Reader.

4. Menyimpan Gambar

Tidak hanya untuk menyimpan dokumen yang berisi teks saja, tetapi format PDF bisa kau gunakan untuk menyimpan data berupa gambar atau foto maupun grafik. Dengan mengkonversikannya ke dalam bentuk PDF, maka kau juga dapat meminimalisir size atau ukuran dari file gambar atau foto maupun grafik tersebut. Sehingga kamu bisa mengirim dokumen dengan lebih singkat.

5. Kompatibel di Berbagai Perangkat

Lain halnya dengan format doc yang hanya mampu dibuka pada komputer yang telah terinstall software Microsoft Office, Linux, Mac OS, Android, dan lain sebagainya. Karena telah banyak yang menggunakan PDF, maka kamu mampu lebih mudah dalam mendapatkan softwarenya. Enak bukan?

Pencetus PDF ialah Adobe System, pasti mereka terus melaksanakan pergantian atau penemuan dan terus membuatkan fitur-fitur terbaik mereka pada PDF. Untuk kedepannya, PDF ini mendukung Javascript, Hyperlink, Forms, dan kamampuan-kesanggupan baru yang lain.

Demikian pembahasan dari aku tentang pemahaman PDF, Fungsi, dan Manfaat PDF. Kelebihan-kelebihan dari PDF ini wajib kau pahami ya. Semoga berguna.