Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian File, Berdasarkan Para Mahir, Jenis-Jenis, Dan Fungsi File Pada Komputer

 adalah kumpulan berbagai informasi yang saling berhubungan dan juga tersimpan di dalam ru Pengertian File, Menurut Para Ahli, Jenis-Jenis, dan Fungsi File Pada Komputer

Pengertian File

Apa itu file? Pengertian File yakni kumpulan aneka macam info yang saling bekerjasama dan juga tersimpan di dalam ruang penyimpanan sekunder. Definisi file mampu diartikan selaku arsip atau data yang tersimpan di dalam komputer.

Secara konsepnya, file mempunyai beberapa tipe diantaranya tipe data berisikan numeric, binary, dan character. Kemudian, ada juga file yang bertipe acara.

Secara lazim, file pada komputer tersimpan di dalam folder tertentu, tergantung dimana pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing file memiliki ekstensi yang berlawanan-beda sesuai dengan jenis filenya.

Pengertian ekstensi file adalah tanda untuk membedakan antara satu jenis file dengan jenis file lainnya. Contohnya, file gambar yang memiliki ekstensi jpg, gif, png, dan yang lain. Sedangkan untuk file video, mempunyai ekstensi mpeg, avi, mp4, wmy, dan lainnya.

Pengertian File Menurut Para Ahli

Nah, beberapa para ahli di bidang komputer pernah menerangkan perihal definisi file, yakni:

1. McLeod (Pearson)

Menurut McLeod (Pearson), definisi file yaitu koleksi rekaman yang saling berhubungan satu dengan yang yang lain, mirip satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-aba-aba mata kuliah dan namanya.

2. Hendrayudi

Menurut Hendrayudi, definisi file yakni suatu data yang tersimpan dalam suatu media yang mempunyai ekstensi info besar file mirip tanggal dan jam penyimpanan, ciri file, nama file, dan atribut tersebut.

3. Edi S. Mulyanta

Menurut Edi S. Mulyanta, pengetian file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan emcode info digital yang memiliki kegunaan dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

4. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S, pengertian file yaitu kumpulan dokumen ynag berisi informasi tertentu dan mampu dibuka dengan menggunakan acara komputer tertentu.

Baca Juga:

Jenis-Jenis File dan Fungsinya

Jika mengacu pada pengertian file diatas, kata dari file ini didedikasikan pada bidang komputerisasi. Setelah mengenali apa itu file, niscaya kita juga perlu mengenali apa saja jenis file yang ada di komputer.

Jenis-jenis file yang ada di dalam komputer telah ada aneka macam formatnya. Nah, berikut ini yaitu jenis-jenis file dalam komputer berdasarkan format filenya.

1. File System

Beberapa ekstensi dalam file tata cara yaitu sys, com, bak, bat, tmp, dan exe dan berfungsi untuk melakukan program di dalam komputer sesuai dengan peruntukannya, serta melakukan aneka macam aplikasi yang di install ke dalam komputer.

2. File Dokumen

Beberapa ekstensi pada file dokumen yaitu doc, odt, xls, ods, pdf, ppt, txt. Masing-masing ekstensi ini memberikan jenis file dokumennya dan hanya bisa dibuka bila di dalam komputer terinstall software atau aplikasi yang sesuai.

3. File Video

Beberapa ekstensi pada file video ialah mpg, wmy, mp4, 3gp, avi, flv, kv. Masing-masing ekstensi ini memperlihatkan bahwa masing-masing video memiliki jenis pemutar yang bertentangan-beda.

Tidak semua jenis video mampu diputar dengan software yang duah terinstall di dalam komputer. Ada banyak sekali jenis video cuma dapat diputar dengan software tertentu.

4. File Gambar

Beberapa ekstensi file gambar yaitu jpg, png, gif, tif, dan lainnya. Secara umum, gambar yang dihasilkan oleh kamera digital maupun kamera manual akan berekstensi jpg atau jpeg.

Nah, gambar yang berekstensi tif, png, dan lain-lain lazimnya hasil penyimpanannya dari software tertentu. Misalnya, Photoshop, CorelDraw, AutoCad, dan lain-lain.

5. File Suara

Beberapa ekstensi file bunyi yaitu wav, mp3, midi, dan rm. Sama mirip file komputer yang lain, tidak semua file bunyi dapat dibuka dengan satu aplikasi.

Sebenarnya masih ada banyak jenis file yang ada di dalam komputer sesuai peruntukannya. Secara biasa , masing-masing jenis file komputer dikelompokkan dalam folder khusus sesuai dengan jenisnya. Maka user mampu menerima file tersebut dengan mudah ketika dibutuhkan.

Baca Juga: Pengertian Hardware dan Fungsinya

Itulah klarifikasi mengenai pengertian file pada komputer, jenis-jenis file, dan fungsinya. Semoga memiliki kegunaan!