Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemahaman Komputer: Fungsi, Jenis, Dan Bagian Komputer

 adalah suatu alat atau perangkat elektronik yang dapat digunakan untuk mengolah data sesu Pengertian Komputer: Fungsi, Jenis, dan Komponen Komputer

Pengertian Komputer

Apa itu Komputer? Pengertian Komputer ialah sebuah alat atau perangkat elektronik yang mampu dipakai untuk mengolah data sesudai dengan prosedur yang telah di rumuskan sebelumnya sehingga menciptakan berita berfaedah bagi penggunanya.

Definisi komputer itu sendiri yakni sebuah alat elektronik yang terdiri dari rangkaian banyak sekali komponen yang saling bekerjasama sehingga membentuk sebuah metode kerja. Nah, tata cara di dalam komputer tersebut dapat melakukan pekerjaan secara otomatis sehingga mampu menghasilkan informasi berdasarkan data dan acara yang ada.

Ada 3 bab utama dalam komputer, antara lain:
  • Perangkat Lunak (Software): metode operasi dan berbagai aplikasi yang dimasukkan ke dalam hardware dan melakukan pekerjaan sesuai dengan perintah pengguna.
  • Perangkat Keras (Hardware): terdiri dari Processor, RAM, Hardisk, Motherboard, dan CPU.
  • Pengguna Komputer (Brainware): pemakai atau operator komputer.

Pengertian Komputer Menurut Para Ahli

Supaya kita lebih memahami apa arti Komputer, maka kita dapat merujuk pada usulan para jago, berikut penjelasannya:

1. Donald H. Sanders

Menurut usulan Donald H. Sanders, pengertian komputer yakni Suatu sistem elektronik yang berfungsi untuk memanipulasi data yang cepat dan sempurna, dirancang, menerima dan menyimpan data, serta memproses data. Sehingga menciptakan output berdasarkan perintah yang sudah tersimpan di dalam memori.

2. Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer, pengertian komputer merupakan suatu alat elektronik yang bisa melakukan beberapa tugas diantaranya:
  • Menerima input
  • Memproses input sesuai dengan aba-aba yang diberikan
  • Menyimpan perintah dan hasil pengolahannya
  • Menyediakan output dalam bentuk gosip.

3. Williams dan Swayer

Menurut Williams dan Sawyer, definisi komputer yakni mesin multi guna yang bisa diprogram, mampu mendapatkan data, dan memproses atau memanipulasi data ke dalam gosip yang mampu digunakan.

4. V. C. Hamacher

Menurut V. C. Hamacher, definisi komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan mampu menerima gosip input digital, lalu memprosesnya sesuai dengan acara yang tersimpan di memorinya, dan menciptakan output berupa berita.

Baca Juga: Pengertian File

Fungsi Komputer

Pada dasarnya fungsi komputer sungguh beragam, bergantung pada penggunanya. Mengacu pada pengertian komputer yang sudah diterangkan diatas, berikut ini yakni fungsi utamanya

1. Data Input

Komputer mampu mendapatkan berita atau data dari sumber yang lain. Nah, data tersebut diterima lewat acara di keyboard, mouse, dari komputer lain atau peralatan lainnya.

2. Data Output

Fungsi komputer yang lain yakni untuk menciptakan output atau informasi sesudah lewat proses pengerjaan data. Informasi tersebut bisa disuguhkan melalui monitor, printer, dan speaker.

3. Data Processing

Fungsi utama komputer ialah melakukan pengolahan data sehingga membuat output, ialah berupa gosip. Pada lazimnya , data yang sudah dimasak ke dalam komputer ialah berupa teks, gambar, audio,. video, grafik, dan lainnya,

4. Data Storage

Komputer dapat berfungsi selaku tempat untuk menyimpan data sehingga didapatkan dengan mudah dan digunakan kembali. Data tersebut dapat disimpan di dalam memori Internal komputer ataupun memori Eksternal.

5. Data Movement

Fungsi dai komputer adalah untuk memudahkan data dari satu komputer ke komputer yang lain atau berbagai alat output yang lain.

Komponen Komputer

Berdasarkan fungsinya, komponen komputer bisa dibedakan dalam tiga kalangan, yaitu Input, Process, dan Output.

1. Komponen Input

Komponen hardware ini mempunyai fungsi sebagai pemberi perintah aneka macam peran yang akan diberikan pada komputer. Beberapa unsur input ini diantaranya:
  • Keyboard: Memberikan input atau masukan berbentukalfanumerik dan interpretasi ASCII.
  • Mouse dan Trackpad: Alat yang menghubungkan brainware dengan layar monitor.
  • Pen (Layar Sentuh): Fungsi ini seperti mirip mouse tetapi bentuknya mirip pena.
  • Scanner: Alat untuk memindai gambar yang hendak dimasukkan ke dalam sistem komputer.
  • Microphone: Alat untuk input data ke dalam bentuk audio.

2. Komponen Proses

Komponen proses ini mempunyai fungsi untuk mengolah data atau memproses perintah yang diberikan oleh brainware yang kemudian ditampilkan pada bagian output. Beberapa unsur proses, diantaranya:
  • Processor: Komponen utama dalam proses mengolah data.
  • Motherboard: Komponen penghubung aneka macam bab yang lain dalam komputer.
  • Hard Disk: Komponen untuk menyimpan data yang sifatnya permanen di dalam komputer, seperti metode operasi komputer.
  • RAM: Memori untuk menyimpan aneka macam aktivitas komputer untuk sementara.

3. Komponen Output

Komponen output adalah unsur yang memiliki fungsi untuk memberikan isu dari perintah yaang sudah di proses oleh komputer. Beberapa unsur output, diantaranya:
  • Monitor: Komponen yang mampu menampilkan proses yang sedang dilaksanakan suatu komputer.
  • Printer: Komponen komputer yang mampu mencetak berita ke dalam bentuk hard copy.
  • Speaker: Komponen komputer yang bisa menghasilkan output berbentukaudio atau suara.

Jenis-Jenis Komputer

Berdasarkan bentuk dan ukurannya, komputer dapat dibedakan menjadi tujuh jenis komputer, diantaranya:

1. Komputer Portabel

Komputer portabel dapat dibawa kemana saja, dimana penggunanya untuk kebutuhan penelitian di lapangan dan berpindah-pindah. Jenis komputer ini memang kurang populer karena cenderung berat dan lebih besar dari laptop pada umumnya.

2. Komputer Dekstop

Sesuai dengan namanya, komputer ini pasti berada di atas meja dan memiliki CPU yang terpisah dari monitor dan keyboard.

3. Komputer Palmtop

Bentuk komputer ini kecil dan bisa digenggam. Komputer jenis ini sungguh jarang dipakai semenjak diluncurkan Smartphone.

4. Komputer Tower

Bentuk dari komputer jenis ini lebih besar dari komputer dekstop dan biasanya diletakkan di atas atau samping meja. Komputer toweer ini dapat disertakan perangkat penunjang karena mempunyai expansionslot.

5. Komputer Notebook

Ini merupakan jenis laptop namun ukurannya lebih tipis. Komputer jenis ini banyak digunakan oleh pelajar, pengajar, dan peneliti yang memerlukan perangkat komputer yang ringkas dan ringan.

6. Handbook

Ini yakni jenis notebook yang ukurannya lebih kecil dari notebook pada umunya. Handbook ini mempunyai processor dengan spesifikasi yang rendah.

7. Komputer Laptop

Komputer jenis ini mampu ditaruh dimana saja, bahkan di pangkuan penggunanya. Laptop ini mempunyai CPU, monitor, dan keyboard yang menyatu.

Itulah penjelasan singkat tentang pemahaman komputer, fungsi, bab, serta jenis-jenisnya. Semoga postingan ini memiliki kegunaan dan menambah wawasan kau ya.