Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemahaman Data, Fungsi, Dan Jenis-Jenis Data


Pengertian Data
Pengertian Data ialah kumpulan isu atau keterangan-keterangan dari suatu hal yang diperoleh melalui pencarian atau pengamatan dari sumber sumber tertentu. Data yang diperoleh pun dapat menjadi suatu fakta atau alasan yang disebabkan karena belum dimasak lebih lanjut.

Setelah data diolah melalui observasi atau percobaan maka data tersebut mampu menjadi bentuk yang lebih kompleks seperti database, isu atau penyelesaian.

Istilah Bahasa "data" diambil dari bahasa Latin "Datum" ialah bahasa Romawi yang mempunyai arti selaku sesuatu yang diberikan. Definisi biasa dari "data" adalah Diberikan bukan Memberikan. Jika memperlihatkan maka data tersebut telah menjadi informasi yang baku dan diakui kebenarannya.

Memang, perumpamaan data ini banyak dijumpai pada bidang komputer atau dalam lingkup observasi. Jika merujuk dari bidang komputer maka Anda niscaya tidak aneh dengan yang namanya database ataupun software pengolah data. Bagaimana bila dalam observasi? Memang telah menjadi hal wajib bagi peneliti untuk mencari data dengan melakukan observasi (observasi) sebelum dikaji secara lebih lanjut. Sehingga akan diperoleh hasil dari pengamatan itu sendiri. Kita mampu jumpai juga di bidang pendidikan mirip pembuatan jurnal maupun skripsi.

Fungsi Data
Setelah Anda tahu pengertian atau definisi data maka telah terlihat jelas fungsi dari data itu sendiri. Istilah-perumpamaan dari data tersebut memang sering dikaitkan dalam bidang komputer maupun observasi namun pada dasarnya di faktor kehidupan itu memerlukan apa yang disebut data ini.

Dari bidang penelitian, data ini dijadikan sebagai landasan utama dalam penelitiannya. Untuk bidang komputer sendiri, memang hampir selalu melibatkan suatu data yang lalu dimasak untuk memecahkan problem. Kita bisa ambil kesimpulan bahwa fungsi data adalah selaku berikut:
  • Sebagai acuan dalam mengambil sebuah keputusan terbaik dalam pemecahan problem
  • Sebagai aliran atau dasar suatu penyusunan rencana maupun observasi
  • Sebagai acuan dalam implementasi sebuah kegiatan atau aktvitas
  • Sebagai dasar untuk evaluasi kepada suatu acara

Kita mampu buat kesimpulan bahwa data ini sebagai dasar dalam suatu penyusunan rencana atau riwayat segala langkah-langkah yang telah dilakukan. Mengapa demikian? Hampir segala macam faktor kehidupan kita selalu melibatkan data ini.

Jenis-Jenis Data
Data ini dapat dikelompokkan menjadi berbagai macam. Pengelompokan data ini terdapat banyak parameter tetapi pada umumnya mungkin dikelompokkan berdasarkan sifatnya, berdasarkan sumber atau darimana data itu berasal, menurut waktu pengambilan dan semacamnya. Untuk lebih jelasnya, yuk simak tentang jenis data itu sendiri.

1. Berdasarkan Sifatnya
Sebuah data ini mampu dibedakan berdasarkan sifat-sifatnya yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Dari kedua jenis data tersebut sering digunakan untuk berbagai kesempatan observasi yang pernah dilaksanakan sebelumnya.
  • Data Kualitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk mulut, gambar, atau simbol. Contohnya, kuesioner terkait tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan sebuah perusahaan.
  • Data Kuantitatif adalah data yang dinyatakan dalam bentuk angka atau bilangan. Contohnya, harga saham, nilai pendapatan dan lain-lain.

2. Berdasarkan Sumber
Perbedaan jenis data ini bisa mengelompokkan data menjadi beberapa jenis yaitu data primer dan data sekunder.
  • Data Primer yakni data orisinil atau data baru yang didapatkan dari sumber-sumber tertentu selaku objek pengamatan.
  • Data Sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber terdahulu seperti buku, jurnal dan semacamnya.

3. Berdasarkan waktu Pengambilannya
Jenis data ini dikumpulkan secara bersiklus dan juga data cross section. Berikut penjelasannya:
  • Data Cross Section (data terkumpul) adalah data yang dikumpulkan pada waktu tertentu. Contohnya, data hasil cobaan siswa yang diperoleh sesudah cobaan itu selesai dilakukan.
  • Data Berkala yakni data yang dikumpulkan secara bersiklus dari waktu ke waktu. Contohnya, kegiatan atau acara survey penduduk, data keperluan masyarakatsetahun terakhir.

Demikian postingan wacana Pengertian Data, Fungsi, dan Jenis-Jenis Data. Semoga berguna dan terima kasih.