Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Password Kau Dicuri? Google Chrome Bakal Kasih Peringatan


Masmalven.com - Google gres saja memperkenalkan Google Chrome versi M79 dengan sejumlah fitur barunya. Salah satunya, fitur untuk mengantisipasi hacker untuk mencuri akun Google Chrome yang kita miliki.

Fitur ini yaitu pengembangan dari Password Checkup yang terlebih dahulu tersedia di Google Chrome yang berfungsi untuk memberi tahu pengguna kalau password mereka sedang tidak kondusif.

Melalui menu Setting, Sync dan Google Services, kamu mampu mengontrol siapa yang mencoba masuk ke akun Google Chrome kau. Dikutip dari Forbes.

Meskipun itu, Google tahu kalau kamu tengah memasukkan password, namun mereka tidak akan sungguh-sungguh dapat menyaksikan gosip login.

Bagaimana Cara Google Melakukannya?


Dari laman resmi perusahaan, Google mengambarkan, "Ketika kamu masuk ke sebuah website, Google Chrome akan mengirimkan salinan nama pengguna dan kata sandi yang dienkripsi dengan kunci membisu-diam yang hanya dikenali oleh Google Chrome. Tidak seorang pun termasuk Google yang mampu menerima nama pengguna atau password kau."

Untuk melakukannya, Google pertama-tama mengganti kata sandi yang kamu masukkan menjadi apa yang dikenal sebagai 'hash' dengan memasukannya melalui algoritma yang menggantinya menjadi kumpulan aksara dan angka.

Misalnya saja, 855c3697d9979e78ac404c4ba2c66533. Jika password yang serupa ada dalam 'tumpukan' aktivitas login Google yang sebelumnya dicuri, itu akan melalui algoritma 'hashing' serupa melakukan pencocokan.

Layanan Lain


Langkah ini memberikan password yang bocor tanpa mesti melihat gosip login yang sebetulnya. Sebenarnya ada layanan lain yang tersedia kalau kamu tidak ingin login ke Google. Salah satu yang paling populer ialah haveibeenpwned.com. Coba masukkan nama akun untuk melihat apakah password sudah bocor atau tidak.