Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Imbas Update Postingan Blog Pada Peringkat Google & Alexa

 Kita tentu sangat setuju bahwa Search Engine Google sangat menyukai blog yang melakukan u Pengaruh Update Postingan Blog Pada Peringkat Google & Alexa

Kita pasti sungguh oke bahwa Search Engine Google sangat menyukai blog yang melakukan update konten secara terpola.

Apakah update konten akan otomatis mempengaruhi rangking blog di mesin penelusuran Google secara keseluruhan?

Karena konten yang up to date, algoritma Google juga sangat mengamati kualitas untuk menentukan peringkat sebuah blog di mesin penelusuran.

Dengan peringkat Google dan Alexa, kadang kala dijadikan acuan oleh para webmaster untuk menentukan mutu suatu blog/situs web. Pada artikel ini mas malven ingin mengulas sedikit perihal imbas update postingan sebuah blog pada peringkat Google dan Alexa.

1. Pengaruh Update Blog Pada SERP Google


Banyak dari golongan blogger yang memberikan bahwa blog yang mem-posting setiap hari akan menerima porsi lebih baik di SERP Google. Nah, ternyata asumsi ini tidak sepenuhnya benar dan seperti yang pernah diungkapkan oleh Matt Cuts (Head of the webspam team at Google), Google akan lebih memprioritaskan blog dengan konten yang berkualitas pada hasil penelusuran search engine mereka.

Matt Cuts memberikan pada suatu video YouTubenya bahwa akan lebih baik jika pemilik blog fokus pada persiapan konten yang bagus, dan berfaedah bagi pembaca, meskipun membutuhkan lebih banyak waktu, dibandingkan dengan berusaha untuk mengupdate blog mereka dengan konten yang jelek atau apa adanya. Tentunya, ini tidak berlaku jikalau blog tersebut tidak diperuntukkan untuk bisnis. Perhatikanlah mutu konten, jika bisnis Anda ingin menciptakan. Jika ada blog dengan konten yang memberikan value terhadap pembacanya, maka akan sungguh gampang mendapatkan rangking yang bagus di search engine Google.

Apakah kita hanya konsentrasi pada mutu konten? Tentu saja tidak...

Kalau jumlah postingan kian banyak dengan beragam kata kunci, tentunya akan membuka potensi bagi blogger untuk mendapatkan lebih banyak visitor. Seorang blogger profesional niscaya akan mengamati update dan juga kualitas konten yang diposting karena kedua hal ini saling berhubungan.

2. Pengaruh Update Blog Pada Rangking Alexa

Rangking Alexa akan berlawanan dengan rangking website di search engine Google. Karena Alexa menganggap rangking suatu website menurut beberapa faktor, mirip update konten, jumlah visitor, page view, acara visitor pada website, dan lain-lain. Meskipun ada beberapa webmaster yang mampu mengakali penilaian rangking Alexa tersebut, meski begitu penilaian dari Alexa pada suatu situs web masih dianggap penting.

Alexa selalu memperhitungkan update konten suatu blog dalam merangking suatu website, semakin sering Anda update konten maka rangking alexa condong akan makin baik. Intinya, kalau ingin rangking Alexa website Anda lebih baik maka dianjurkan untuk sering-sering mengupdate blog Anda.

Ada baiknya, tidak usah terlalu sakit kepala perihal rangking Alexa pada blog Anda, dan tidak butuhjuga hingga memanipulasi rangking Alexa seperti yang dilaksanakan sebagian blogger. Fokuslah untuk membangun konten yang baik secara terpola, mengiklankan konten Anda dengan terencana, memajukan jumlah visitor unik, dengan begitu rangking Alexa blog Anda akan membaik dengan sendirinya.

3. Pengaruh Update Blog Pada Audiens

Untuk blog yang telah cukup populer dan punya pengunjung setia, tentu saja dengan update konten secara terpola menjadi sesuatu yang sangat penting. Coba bayangkan, bila blog Anda tidak ada update modern selam seminggu atau sebulan, padahal hadirin setia Anda setiap hari membuka blog tersebut. Tentunya, audiens Anda akan merasa jenuh dan kecewa, kemungking besar mereka akan beralih pada blog lain. Walaupun hadirin blog Anda banyak berasal dari mesin penelusuran, konten yang gres dan up to date tetap dibutuhkan dan apalagi visitor Anda kebanyakan berasal dari referring site atau direct visitor.

Blog yang memiliki topik tertentu memang wajib selalu up to date misalnya blog yang membicarakan tentang blog bisnis, media umum, blogging, lowongan kerja, selebritis, game, dan lain-lain. Ada juga blog yang memang tidak butuhbanyak update, misalnya blog dengan topik pelajaran sekolah yang memang tidak banyak mengalami perubahan.

Kesimpulannya:

Menurut mas malven, update konten itu sangatlah penting tetapi yang lebih penting ialah membangun konten yang bermutu dan menawarkan value pada pembaca Anda. Dengan konten inilah, umumnya lebih gampang masuk halaman utama pencarian Google dan lebih bertahan lama. Membangun konten yang bermutu secara konsisten, Anda telah berpeluang lebih besar mendapatkan rangking yang lebih baik di Google dan Alexa.