Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Google Adwords Vs Facebook Ads, Mana Yang Lebih Efektif?

 Jika tidak ada promosi yang dilakukan maka calon konsumen kemungkinan tidak akan mengetah Google Adwords vs Facebook Ads, Mana yang Lebih Efektif?

Dalam membangun sebuah bisnis, penawaran spesial memegang peranan penting. Jika tidak ada penawaran spesial yang dijalankan maka kandidat pelanggan kemungkinan tidak akan mengenali bisnis tersebut. Mereka juga tidak tahu apa produk itu, kegunaan dan apa kelebihannya.

Bagaimana mereka bisa kepincut untuk membelinya? Sekarang berbagai pedagang yang kreatif menciptakan iklan, maksudnya ialah untuk mempesona perhatian konsumen untuk membeli produk itu.

Pada zaman teknologi ini, kemajuan penawaran spesial pada dunia usaha telah berkembang pesat. Bukan cuma melalui media elektronik maupun media cetak, namun kini penawaran spesial produk itu bisa dilaksanakan juga di dunia maya. Banyak seni manajemen yang diterapkan oleh pebisnis semoga produk mereka di kenal dan pemasaran mereka meningkat dengan pesat.

Bagaima cara untuk menghadirkan pembeli? Caranya adalah media berbayar...

Seperti yang kalian ketahui, Google Adwords dan Facebook ialah dua jenis iklan berbayar yang tidak disangsikan lagi keunggulannya.

Dua jenis iklan berbayar yang memang telah tidak diragukan lagi keunggulannya, yakni Google dan Facebook.

Mana yang lebih efektif, Google Adwords vs Facebook Ads?

Seperti yang kita lihat ketika ini, Google dan Facebook telah membuah suatu program iklan berbayar yang mengarahkan hadirin untuk melihat yang mau kita pasang disana. Google dan Facebook mempunyai pangsa pasar yang sungguh luas. Hal ini terbukti bahwa:
  • Google sebagai mesin pencari, menggunakan hasil penelusuran sebagai media untuk memperlihatkan iklan
  • Facebook selaku media umum, dengan jumlah pengguna yang sungguh banyak bisa dijadikan selaku daerah yang pas untuk menaruh iklan.

Lalu, mana yang lebih efektif? Facebook atau Google Adwords?

Kebanyakan orang yang mendalami dunia internet marketing merasa kebingungan dengan pertanyaan ini. Karena keduanya mempunyai pangsa pasar yang cukup besar. Pastinya, dari keduanya ada salah satu yang paling efektif dalam mengarahkan pengunjung untuk mendatangi situs web bisnis kita.

Berikut ini yaitu beberapa klarifikasi tentang mana yang paling efektif antara kedua iklan berbayar ini:

1. Google Adwords

Google Adwords yakni sebuah program periklanan yang dibentuk oleh perusahaan situs mesin telusur paling besar di dunia ialah Google. Tentunya, peluang Google akan memanfaatkan mesin ini sebagai kawasan untuk memasang iklan.

Kelebihan:
  • Google selaku mesin penelusuran terbesar di dunia saat ini, pastinya mempunyai pangsa pasar yang sungguh besar
  • Kita mampu mengendalikan dalam meletakkan iklan yang mudah dilihat oleh orang lain
  • Kita mampu memilih penjabaran iklan, dikala orang yang mencari kata kunci yang bekerjasama dengan penawaran khusus kita, maka iklan itu akan muncul disana
  • Kita mampu menyesuaikan iklan dengan sasaran, dengan mempergunakan keyword yang dicari, maka iklan akan sesuai dengan sasaran yang kita incar
  • Pengunjung tidak mesti login ke Google untuk mampu melihat iklan itu, sehingga kita akan bisa menjangkau lebih banyak orang yang membuka mesin telusur ini
  • Proses pembayaran iklan yang kita pasang, memang dahulu pembayarannya hanya mampu dijalankan dengan menggunakan kartu kredit saja, tetapi sekarang kita mampu membayar iklan di Google Adwords dengan cara deposit via transfer ATM
  • Untuk laporan bersiklus iklan Anda tercatat dengan baik oleh Google, sehingga kita mampu monitoring atau management pengeluaran biaya untuk iklan dan pastinya Google sungguh akurat dalam menawarkan data termasuk perhitungan anggaran maupun budget

Kekurangan:
  • Jika iklan tersebut terdapat link yang mencurigakan atau iklan ternyata melanggar peraturan dari Google Adwords, maka iklan secara otomatis akan di banned permanen. Maka dari itu, kita perlu hati-hati dalam memasang iklan disana dan perhatikan juga TOS dari Google Adwords supaya tidak melanggar peraturan

2. Facebook Ads

Facebook Ads yaitu layanan periklanan yang disediakan oleh Facebook (media umum terbesar di dunia). Posisi peletakan iklan mereka berada di segi kanan penampilan media sosial Facebook dengan informasi "Sponsored" dan juga di bab News Feed.

Kelebihan:
  • Sebagai media umum dengan pengguna terbanyak di dunia, maka Facebook menjadi tempat dimana banyak orang bersosial setiap harinya. Dari banyaknya orang, Facebook memanfaatkan Efek Viral dari para penggunanya
  • Anda juga mampu menentukan terhadap siapa iklan Anda akan tampil, karena Facebook memberikan standar secara detail mengenai sasaran market Anda
  • Iklan Anda mampu meraih jutaan pengguna Facebook perhari di lokasi yang Anda pastikan
  • Facebook Ads tersedia Ads Manager, fungsinya untuk memonitoring iklan Anda

Kekurangan:

Iklan cuma mampu dilihat oleh pengguna Facebook. Hal ini berbeda dengan Google Adwords, yang mampu dilihat secara global oleh semua yang mengunjungi search engine di Google. Walaupun menjadi media sosial paling besar di dunia untuk saat ini, pasti tidak siapa pun memiliki akun Facebook.

Kekurangan dari media iklan berbayar yang satu ini yaitu iklan hanya mampu dilihat oleh mereka yang menggunakan Facebook. Meskipun menjadi media umum terbesar di dunia untuk dikala ini, tentunya tidak siapa pun memiliki akun Facebook.

Masih banyak orang yang tidak mempunyai akun Facebook sehingga membuat target iklan di Facebook cuma bisa dilihat oleh orang-orang tertentu saja yaitu mereka para pengguna Facebook aktif.

Jika menyaksikan kelebihan dan kelemahan, manakah yang paling efektif Google Adwords vs Facebook Ads? Semua kembali terhadap calon pengiklan. Dari klarifikasi saya diatas, kita mampu menentukan layanan yang tepat dengan keperluan bisnis kita.

Semoga postingan sederhana ini bermanfaat Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda.