Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Facebook Vs Twitter, Manakah Yang Paling Baik Untuk Bisnis?

 Kalau bicara soal media sosial untuk bisnis memang tidak ada habisnya Facebook vs Twitter, Manakah Yang Paling Baik Untuk Bisnis?

Kalau bicara soal media sosial untuk bisnis memang tidak ada habisnya, salah satu pertanyaan yang kadang kala diperbincangkan ialah judul artikel ini. Tujuannya menciptakan pertanyaan ini untuk menentukan konsentrasi pada bisnis kita dan dengan begitu kita tidak membuang tenaga dan waktu untuk melaksanakan optimasi (mungkin saja tidak menciptakan konversi besar terhadap bisnis yang dibangun).

Perbedaan antara Facebook vs Twitter

Kita akan membicarakan terlebih dahulu ihwal perbedaan dan kelebihan antara Facebook vs Twitter. Berikut ini yakni 2 penjelasan singkat.

1. Kelebihan Facebook 

Sekarang sosial media Facebook sudah memberikan engagement yang lebih dalam dengan para customer. Hal ini, sebab space untuk memberi komentar jauh lebih besar ketimbang Twitter dan Customer Anda bisa menunjukkan komentar lebih dalam tentang produk/jasa Anda.

Dengan fitur Likes mampu mempermudah Anda untuk meng-kategorikan interest dari customer (kandidat) Anda dan Fitur ini tidak ada di Twitter.

Selain itu, Anda mampu melaksanakan kustomisasi dengan lebih mudah kepada aplikasi Facebook dan bisa menambahkan aplikasi sendiri. Sehingga Anda bisa mendapatkan feedback yang lebih lazim lagi dan pastinya jumlah pengguna Facebook jauh lebih banyak dibandingkan dengan Twitter.

2. Kelebihan Twitter

Kelebihan media sosial ini sangat cocok untuk interaksi jikalau Anda menghendaki interaksi pribadi dengan follower/customer. Kita bisa menyesuaikan tagline Twitter "What's Happening?" secara tidak pribadi menggerakkan pengguna untuk memantau timeline sehingga tercipta interaksi dan menghimpun follower baru. Salah satu cara agar dikenal, gunakan orang tersebut (mereka yang punya banyak follower) selaku media memperkenalkan produk/jasa Anda di Twitter.

Media sosial ini cantik dipakai selaku sarana informasiatau istilahnya Broadcast. Dengan fitur simpelnya, mampu membuat lebih mudah orang lain me-retweet dan membalas apa yang Anda bagikan. Hal ini yaitu salah satu kelebihan dari Twitter dibandingkan Facebook. Twitter juga jauh lebih mudah dan praktis digunakan khususnya di perangkat mobile.

Untuk Bisnis, Pilih Facebook atau Twitter?

Kembali lagi pada pertanyaan soal mana yang lebih bagus untuk bisnis. Sesuaikan dengan jenis bisnis Anda dan berikut ini ada 2 tipe campaign adalah:

A. Brand Awareness

Kalau kita bicara bisnis, Brand Awereness sangatlah penting antara Facebook dan Twitter. Dengan begitu, customer atau pengguna mengetahui lebih jauh merek yang kita jual atau promosikan.

B. Brand Engagement

Kita mampu gabungkan keduanya jikalau Anda mau dan memang membutuhkan. Ada juga beberapa kelebihan Twitter yang patut Anda pertimbangkan ketika ini:

1. Perkembangan Twitter yang kian cepat dibandingkan Facebook
2. Anda juga mampu menggunakan public figure/influencer untuk membantu penjualan Anda. Meskipun Facebook telah menghadirkan fitur fanpage untuk para public figure ini namun pada umumnya public figure lebih sering meng-update di Twitter
3. Seperti yang telah aku jelaskan di poin wacana Twitter tadi, Anda bisa mendapatkan lebih dari sekedar like seperti retweet atau mention. Dengan begitu, potensi untuk mendapatkan follower perihal bisnis Anda akan jauh lebih besar
4. Kita mampu tahu seberapa efektif informasi yang Anda berikan pada follower

Dari pendapatdi atas bukan berarti aku "memihak" Twitter. Semua bergantung pada jenis produk dan target pasar Anda.

Saran saya, untuk mengembangkan jangkauan bisnis yang lebih luas, Anda bisa menjajal kedua platform media umum ini untuk mengetahui mana yang paling sesuai untuk bisnis Anda.

Poin Plus, berikut ini beberapa kiat untuk Anda yang ingin memajukan konversi:

1. Iklan yang menarik - Brand sekarang ini, telah dianggap lebih "humanis" alasannya adalah hadir dengan desain yang lebih menawan.

2. Reputasi administrasi - Brand Anda akan lebih singkat menyebar di sosial media, alasannya adalah sebagian besar netizen menghabiskan waktu di sosial media. Dengan manajemen reputasi yang manis lewat interaksi yang bagus hendaknya dimasukkan dalam daftar tugas Anda.

3. Kelola secara profesional - Segala bentuk kreasi yang mempesona, dan goal apa yang hendak diraih hendaknya diatur secara profesional. Dengan hal ini, Anda tidak akan mencampakkan waktu dan tenaga alasannya adalah "berinteraksi tanpa tujuan".

Demikian klarifikasi sederhana ini, agar berguna dan terima kasih atas kunjungan Anda.