Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menyingkir Dari Pelanggaran Hak Cipta Di Youtube

 Pada artikel kali ini saya akan ungkap kasus Cara Menghindari Pelanggaran Hak Cipta di Youtube

Masmalven.com - Pada postingan kali ini saya akan ungkap kasus-perkara yang sering terjadi pada Youtubers. Bagaimana cara menyingkir dari Copyright dikala upload video di Youtube? Meski aku bukan Youtuber, tetapi saya pernah menekuni menolong teman, dan tetangga aku dalam bidang musik.

Bagi Anda yang gres menggeluti di dunia Youtube, harus tahu aturan yang diberlakukan terhadap Content Creatornya. Anda mampu membaca secara lengkap di Dasar-dasar Teguran Hak Cipta

Youtube adalah situs web yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah, menonton, dan mengembangkan video.

Hadirnya Youtube disambut bersemangat oleh banyak sekali konten inovatif dan penduduk dunia. Selain itu, Youtube juga disebut selaku salah satu profesi yang cukup menggiurkan. Tak cuma itu saja, para artis dan stasiun televisi juga mempergunakan youtube selaku bagaian pertumbuhan zaman serta mendapatkan penghasilan (income) dari youtube.

Darimana penghasilan Youtube dan Content Creatornya?

Youtube merupakan salah satu produk dari Google dan mendapatkan izin untuk menayangkan iklan di video yang di upload.

Content Creatornya menerima 45% dari iklan, sementara Youtube mendapatkan 55%.

Untuk kriteria Google Adsense, channel yang sudah pantas telah mempunyai 4000 jam tayang dan 1000 subscribe. Dari hal tersebut, Google Adsense akan menerima channel tersebut dan mulai menampilkan iklan.

Untuk mencari income pasti Anda tak boleh semena-mena melanggar aturan yang diberlakukan. Jika konten atau video diupload oleh Youtuber yakni hasil dari kreatifitas pribadi maka hal ini tak menjadi duduk perkara. Tapi jika konten Anda melibatkan atau mengambil hasil karya orang lain tanpa izin maka Anda mesti terima konsekuensinya.

Untuk menciptakan Video Youtube, Anda pelu materi mirip kamera dan audio yang cukup baik sehingga menciptakan kualitas video yang bagus. Selain itu, Anda juga perlu software edit video atau aplikasi edit video yang bisa Anda dapatkan di internet dan google play store.

Tapi yang sangat disayangkan yaitu banyak orang-orang mengambil jalan pintas dengan menggunakan video atau audio milik orang lain tanpa izin. Jika hal itu Anda kerjakan terus-menerus maka lambat laun channel Youtube Anda akan kena peringatan oleh Youtube. Itu karena salah Anda sendiri, benar gak?

Sebelum masuk ke pembahasan, alangkah baiknya kita ketahui Apa itu Youtube Copyright Strike (Pelanggaran Hak Cipta) di Youtube?

Apa itu Copyright Strike di Youtube?
Youtube Copyright Strike yaitu Sebuah video yang terindikasi memakai konten tidak original atau karya orang lain.

Sehingga salah satu video dari Channel Anda tidak akan dimonetisasi oleh pemilik hak cipta.

Sekarang, Youtube memang sungguh ketat dalam menjaga originalitas atau konten ber-hak cipta setiap video yang diunggah. Anda mampu menyaksikan formulir permintaan khusus atau formulir claim bagi pemilik yang merasa karyanya dicuri tanpa izin oleh salah satu channel Youtube.

Contoh Kasus 1 Pelanggaran Hak Cipta di Youtube
Brahma memiliki anak yang lucu, saking lucunya brahma merekam acara anaknya dan mengunggahnya di channel Youtube. Brahma bahagia menyimak musik Tones And I berjudul Dance Monkey, sehingga brahma mengakibatkan lagu tersebut selaku backsound sebelum menggunggahnya ke Youtube.

Lagu Dance Monkey dari Tones And I yaitu lagu ber-hak cipta. Apa akibatnya? Salah satu video brahma terkena Copyright Strike secara otomatis.

Contoh Kasus 2 Pelanggaran Hak Cipta di Youtube
Adi sedang menonton video, tiba-datang ada video yang menawan untuk ditonton. Adi merasa jikalau video tersebut mampu diminati oleh ribuan bahkan jutaan viewers. Jika video tersebut di upload ke Youtube. Adi menetapkan untuk menyalin link untuk didownload.

Setelah mendownload, Adi akhirnya mengubah sedikit video tersebut ke Youtube lewat akun pribadinya. Tapi pemilik orisinil video mengenali aktivitas Adi tersebut, dan merasa bahwa Adi mmelanggar hak cipta. Akhirnya, mereka melaporkan video Adi supaya ditindak lanjuti oleh Youtube.

Cara Agar Video Terhindar dari Copyright Strike di Youtube

1. Anda gunakan audio atau musik non copyright
Anda bisa mendapatkan dan menggunakan musik secara gratis dari audio library. Banyak Youtuber menggunakan Audio Library dan NCS / Non Copyrighted Song.

2. Anda gunakan lagu terkenal versi Remix atau Cover
Ini sama mirip masalah Adi, dimana Anda ingin memakai lagu musisi terkenal yang sedang terkenal. Anda bisa mencari lagu tersebut tetapi dalam bentuk cover atau remix ya.

Jika Anda sudah menggunakannya, Anda tetap harus minta izin apalagi dahulu kepada pemilik lagu Cover atau Remix tersebut.

3. Jangan sekali-kali Re-upload ber-Hak Cipta milik orang lain
Anda jangan pernah melakukan upload ulang atau re-upload video Youtube milik channel atau video orang lain dan televisi. Jika Anda masih tetap saja ingin memakai video tersebut, maka pastikan tidak seluruhnya (gunakan sebagian saja).

Nah, penggunaan kembali video ber-hak cipta diizinkan oleh Youtube selama masih dalam pembagian terstruktur mengenai Fair Use atau penggunaan yang masuk akal.

4. Anda gunakan video atau musik berlisensi Creative Commons (CC)
Bagaimana cara mencari dan menemukan video berlisensi Creative Commons?


1. Silahkan Anda buka Youtube
2. Anda Masukkan Kata Kunci dalam penelusuran
3. Klik Enter
4. Anda klik Filters dan Pilih Creative Commons


Semua video akan timbul yaitu berlisensi creative commons, Anda hanya perlu download dan upload. Alangkah baiknya kalau Anda mengedit ulang menjadi kompilasi dan buat sebagus mungkin.

Cara downloadnya bagaimana mas?

Jika di komputer Anda telah terinstal Internet Download Manager (IDM), maka Anda akan dengan mudah mendownload video yang ada di youtube. Silahkan pilih kualitas video yang anggun dengan resolusi yang besar.

Jika tidak ada, cari website converter di Google untuk mendownload video tersebut.

Tapi, apa yang harus aku lakukan kalau video terkena Copyright Strike?
Yuk pahami, beberapa hal yang biasa terjadi kepada suatu video dikala terindikasi melakukan langkah-langkah pelanggaran hak cipta.
Video Anda dimute - Video Anda akan tetap timbul tetapi bunyi atau audio yang melanggar hak cipta akan dihilangkan.
Video Anda diblokir - Bisa saja video Anda diblokir secara permanen di negara tertentu bahkan bisa berimbas pada penghentian channel Youtube atau Channel Suspended.
Video Anda dimonetisasi oleh pemilik hak cipta - Semua royalti atau penghasilan dari video Youtube tersebut menjadi milik pemegang hak cipta.
Statistik Video Anda bisa diakses oleh pemilik hak cipta.

Namun, apa yang terjadi kalau saya melanggar hak cipta di Youtube?
Kembali lagi pada masalah pelanggaran hak cipta, biasanya Youtube hanya akan melaksanakan ke empat hal diatas. Tapi tidak jarang pelanggaran hak cipta berujung ke pangadilan dan penggantian rugi.

Anda sudah paham perihal Copyright Strike atau Pelanggaran Hak Cipta di Youtube? Semoga artikel ini berguna dan menciptakan Anda tetap berkarya dengan lebih baik. Jadilah Youtuber bermutu dengan mentaati peraturan yang diberlakukan. Terima kasih.