Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghilangkan Bulan Dan Tahun Di Url Blogspot

Cara Menghilangkan Bulan dan Tahun di URL Blogspot Cara Menghilangkan Bulan dan Tahun di URL Blogspot

Setiap artikel yang Anda tulis di platform Blogspot secara otomatis akan memberikan tahun dan bulan pada artikel tersebut. Berbeda dengan plaform Wordpress yang mampu kita atur jenis permalink seperti apa yang mau kita gunakan untuk URL postingan maupun halaman website.

Berikut ini adalah jenis-jenis permalink yang ada pada platform Wordpress.

Plain
Menampilkan ID unik dari masing-masing halaman website.

https://www.masmalven.com/?p=123

Day Anda Name
Menampilkan tahun, bulan dan tanggal diikuti dengan judul postingan dibelakangnya.

hanifahdzakiyyah.com/search?q=tanpa-permalink/

Month Anda Name
Menampilkan cuma tahun dan bulan diikuti dengan judul artikel dibelakangnya.

https://www.masmalven.com/2019/07/tanpa-permalink/

Numeric
Menampilkan cuma angka pada setiap halaman arsip situs web.

https://www.masmalven.com/archives/123

Post Name
Menampilkan hanya judul artikel.

https://www.masmalven.com/tanpa-permalink/

Custom Structure
Anda mampu mengatur struktur pada permalink situs web sesuai dengan cita-cita.

Perlu Anda pahami bahwa platform blogspot juga bisa memakai salah satu jenis permalink mirip wordpress, dalah satunya yaitu jenis permalink Post Name.

Jenis permalink Post Name, hanya akan menawarkan judul postingan tanpa ada tanggal, bulan, dan tahun di URL artikel blog Anda.

Intinya, kita mampu menetralisir bulan dan tahun di URL artikel blog dengan gampang. Bagi kalian yang ingin menghapus atau menetralisir tahun dan bulan pada URL artikel blog, mari simak langkah-langkah di bawah ini.

Cara menghilangkan Bulan dan Tahun di URL Postingan Blog

Untuk menetralisir bulan dan tahun, kita perlu menambahkan arahan JavaScript khusus.

Kode ini berfungsi untuk menyembunyikan bulan dan tahun pada URL postingan blog Anda, jadi meskipun URL atau link postingan di buka dengan menggunakan tahun dan bulan seperti postingan kebanyakan maka masih akan tetap mampu dibuka.

Ikuti setiap tindakan berikut ini:

1. Masuk ke Blogger
2. Klik menu Tema > Edit">

4. Klik Simpan Tema

Catatan:
Cara diatas otomatis akan mengganti semua URL postingan blog Anda sehingga tidak akan menawarkan tahun. Apabila Anda ingin menerapkan pada beberapa artikel, silahkan masukkan instruksi javascript di atas pada postingan tersebut di dalam mode HTML bukan Compose.

Perhatikan!
Menerapkan tata cara diatas, maka semua artikel atau artikel Anda yang telah di indeks di Google akan hilang dan Google akan memperbarui dengan URL postingan tanpa tahun dan bulan.

Tentunya, ini sungguh riskan alasannya adalah bisa saja rank atau peringkat postingan Anda di hasil penelusuran Google akan berubah. Sebelum Anda memakai cara ini, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan kembali tersebut. Apabila ini dipraktekkan pada blog gres memang tidak masalah asalkan Anda terus menggunakan instruksi javascript ini.

Nah, jikalau blog Anda telah berusia cukup usang dan telah memiliki banyak visitor atau hadirin alangkah baiknya hal ini tidak butuhAnda lakukan.

Kesimpulan

Jika ada yang ingin mengubah format permalink blogspot seperti wordpress pasti hal ini bisa dikerjakan dengan menggunakan cara ini. Anda mampu menetralisir tahun dan bulan pada URL artikel blog dengan mudah dengan memakai arahan javascript yang saya berikan diatas.

Tetapi, ini juga bisa menjadi resiko yang cukup besar. Jika hal ini tetap dijalankan maka posisi rank atau peringkat artikel blog Anda akan berubah pada hasil penelusuran Google.

Pertimbangkan apalagi dulu sebelum menerapkannya. Semoga pembahasan ini bermanfaat bagi Anda dan terima kasih atas kunjungan Anda.