Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengembalikan Artikel Yang Terhapus Di Instagram

oOUjnzDVsOcGQgncOnLEQpuTqzQcRHTeQCLcBGAsYHQ Cara Mengembalikan Postingan yang Terhapus di Instagram

Kini Instagram merilis fitur terbarunya. Fitur Instagram ini memungkinkan pengguna untuk mengembalikan unggahan yang telah dihapus. Nama fitur ini Recently Deleted yang memungkinkan pengguna mengembalikan foto atau video apa saja yang baru saja dihapusnya. Selain itu, fitur ini mampu memulihkan konten lain yang diunggah di Instagram mirip Reels, Stories, dan IGTV.

Menurut Instagram sendiri, fitur ini akan menjadi solusi ketika pengguna tidak sengaja meniadakan foto atau video penting miliknya di Instagram. Tidak hanya itu, dikala ada peretas atau hacker yang sengaja menghapus unggahan pengguna.

"Kami memahami, seringkali peretas atau hacker menghapus konten ketika mendapat akses ke akun Anda, dan hingga saat ini orang-orang tidak mempunyai cara untuk mendapatkan foto atau video mereka kembali dengan mudah," ujar Instagram, dihimpun oleh Slash Gear.

Nah, untuk mengembalikan konten Instagram Stories, pihak Instagram memberikan waktu 24 jam sejak konten tersebut dihapus. Untuk konten lain yang timbul di feed mulai dari foto, video, Reels, maupun IGTV, mampu dipulihkan maksimal 30 hari setelah dihapus.

oOUjnzDVsOcGQgncOnLEQpuTqzQcRHTeQCLcBGAsYHQ Cara Mengembalikan Postingan yang Terhapus di Instagram

Untuk pemulihan ini harus melalui proses verifikasi dan hal itu diperlukan untuk memilih bahwa si pemilik akunlah yang memulihkan konten yang telah dihapus dan bukan orang lain yang bisa saja mempunyai tujuan tak baik.

Ketika pengguna memulihkan konten, pemilik akun mesti konfirmasi identitas melalui SMS atau e-mail. Hal itu juga berlaku, jikalau pemilik ingin meniadakan konten secara permanen.

"Mulai hari ini, kami akan meminta pengguna untuk memverifikasi bahwa mereka yakni pemegang akun dikala ingin menghapus atau memulihkan konten dari Recently Deleted," kata Instagram di blog resminya.

Jika telah dihapus permanen, pihak Instagram menyampaikan bahwa salinan unggahan masih akan disimpan hingga 90 hari di penyimpanan cadangan sebelum betul-betul dihapus.

Penyimpanan cadangan ini sungguh diharapkan Instagram untuk memulihkan data bila ada tragedi, kerusakan di perangkat lunak atau peristiwa kehilangan data yang lain. Informasi tersebut disimpan untuk keperluan lain, mulai dari persoalan hukum, pelanggaran ketentuan, atau upaya pencegahan tindak berbahaya.

Untuk cara memulihkan Fitur ini telah dirilis secara global. Namun, ada beberapa pengguna Instagram di Indonesia belum mendapat fitur ini. Jika telah menerimanya, fitur Recently Deleted mampu ditemukan dengan membuka profil. Lalu, klik ikon tiga di pojok kanan atas. Pilih Setting > Recently Deleted > pilih unggahan yang ingin dipulihkan > Restore.