10 Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi di Windows 10

Hari ini kita akan bahas 10 cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi di hp, dell, lenovo, acer, asus, msi, huawei, razer, dan laptop windows 10 lainnya.

Pernahkah Anda mengalami keyboard laptop yang tidak berfungsi? Anda mungkin mengalami situasi ini sesekali atau sering, tetapi jangan khawatir, dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan beberapa cara untuk memperbaiki masalah keyboard Anda tidak berfungsi, tidak peduli keyboard Anda tidak merespons, atau keyboard tidak berfungsi, atau beberapa input tombol tidak benar.

Cara memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Solusi ini berfungsi untuk semua merek laptop, termasuk Acer, Asus , Dell , HP , Lenovo , MSI, Huawei, Razer, dan laptop Windows 10 lainnya.

Solusi kami dibagi menjadi tiga situasi, seluruh keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf, keyboard laptop tidak berfungsi sebagian, dan beberapa tombol tidak dimasukkan dengan benar, Anda hanya perlu memilih solusi yang sesuai dengan keyboard Anda.

Setiap situasi dibagi menjadi beberapa langkah yang berbeda. Anda tidak perlu mencoba semua langkah. Setelah keyboard Anda berfungsi, Anda dapat menghentikan langkah-langkah lain.

Cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi seluruhnya

Terkadang notebook bekerja, tiba-tiba seluruh keyboard tidak terkendali, dan setiap tombol tidak merespons. Ini adalah situasi yang paling umum. Silakan selesaikan masalah Anda sesuai dengan langkah yang kami berikan berikut ini.

1. Restart laptop

Biasanya, banyak masalah teknis disebabkan oleh habisnya sumber daya sistem komputer. Saat ini, Anda hanya perlu me-restart laptop Anda untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Metode ini biasanya cocok untuk sebagian besar masalah komputer. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah me-restart laptop. Setelah restart laptop, jika keyboard Anda masih tidak berfungsi, silakan lanjutkan dengan langkah-langkah berikut.

2. Masuk ke "Safe Mode"

Restart sistem, mulai mengetuk tombol F8, jika Anda dapat masuk ke mode aman, dan keyboard berfungsi dengan baik dalam mode aman, itu berarti keyboard baik-baik saja, dan masalahnya terkait dengan perangkat lunak.

3. Hapus instalasi dan instal ulang driver keyboard

Pada langkah kedua, kami telah menentukan bahwa keyboard berfungsi dengan baik dalam mode aman. Sekarang Anda perlu memeriksa apakah driver keyboard memiliki masalah, Anda perlu melakukan ini di Device Manager.

1). Silakan klik tombol start di laptop Anda, dan Anda akan melihat Control Panel dalam daftar. Jika Anda tidak dapat menemukan Control Panel dalam daftar, silakan gunakan Cortana : klik Cortana, dan ketik Device Manager , maka Anda dapat membuka Device Manager secara langsung.

2). Klik lihat dengan ikon kecil atau lihat dengan ikon besar untuk melihat semua item Control Panel

3). Klik Device manager untuk membukanya.

4). Klik dua kali Keyboard untuk memperluasnya, dan klik kanan pada keyboard Anda, lalu pilih Uninstall device.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

5). Setelah menguninstall driver, restart laptop Anda dan Windows akan menginstal ulang driver perangkat secara otomatis. Kemudian periksa apakah keyboard Anda berfungsi sekarang.

4. Kabel keyboard dengan koneksi yang buruk

Jika driver diinstal ulang dan keyboard masih tidak berfungsi, maka kita perlu membuka laptop untuk memeriksa koneksi kabel keyboard. Anda perlu melepaskan kabel keyboard dan menyambungkannya kembali ke motherboard.

5. Keyboard rusak

Sekarang saatnya mengganti keyboard Anda, silakan beli keyboard baru dari toko online atau toko suku cadang dan ganti sendiri.

Cara mengatasi keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian

Terkadang beberapa tombol tiba-tiba tidak berfungsi, atau tidak dapat ditekan. Situasi ini biasanya disebabkan oleh keyboard itu sendiri. Harap perbaiki masalah sesuai dengan tiga langkah berikut.

1. Bersihkan keyboard

Mungkin ada remah-remah yang tersembunyi di bawah tombol. Balikkan keyboard, gunakan sikat atau hembusan udara untuk membersihkan keyboard.

2. Kunci rusak

Jika beberapa tombol ditekan tetapi tidak dapat direset, berarti kunci tersebut telah rusak. Anda perlu mengganti kunci ini atau mengganti seluruh keyboard.

3. Kabel keyboard dengan koneksi buruk

Silakan buka laptop dan sambungkan kembali kabel keyboard.

Cara mengatasi Beberapa tombol keyboard salah input

Saat menggunakan laptop, kami juga menemui beberapa kasus bahwa input tombol salah, biasanya karena pengaturan keyboard yang salah.

1. Pilih tata letak keyboard yang benar

Buka Start > Control Panel > Regional & Languages, Klik tab Languages ​​kemudian tab Details. Ini akan membuka dialog di mana Anda dapat memilih tata letak keyboard.

2. Periksa tombol NumLock.

Banyak laptop akan mengubah karakter menjadi angka jika NumLock diaktifkan. Tekan NumLock atau Fn+NumLock untuk memastikan dinonaktifkan.

Untuk mematikan Number Lock di Lenovo adalah Fn+F10, namun kombinasi tombolnya bisa berbeda-beda tergantung pabrikannya. Pada kebanyakan laptop, kombinasi tombolnya adalah Fn + Insert.

3. Nonaktifkan tombol filter

Setiap kali tombol filter diaktifkan, dan keyboard Anda menolak untuk merespons perubahan, Anda cukup mengikuti jalur berikut:

Windows 10 : Buka Start > Settings > Ease of Access > keyboard > Matikan Use Filter Keys

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Windows 7: Buka Start > Control Panel > Ease of Access Center > Jadikan keyboard lebih mudah digunakan > Matikan Filter Keys

Setelah Anda menonaktifkan Filter Keys, restart laptop dan periksa apakah keyboard Anda berfungsi kembali.

Sedikit tips berikut cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi windows 10 akan membuat anda tetap hidup kembali saat menggunakan laptop. Selain solusi yang tercantum di atas, Anda juga dapat mencoba alat diagnostik hardware terpasang yang disertakan dengan laptop Anda.