Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Melakukan Riset Kata Kunciuntuk Blog Dan Website

 Apa itu riset kata kunci dan analisa kompetisi Cara Melakukan Riset Keyword untuk Blog dan Website

Apa itu riset kata kunci dan evaluasi persaingan?

Pengguna melakukan pencarian di mesin telusur web menggunakan keyword atau keyword, dan memperlihatkan hasil yang berkaitan dengan keyword tersebut.

Dengan santunan Tools dari Google, kita mampu melakukan riset untuk menerima kata kunci yang terkenal atau persaingan yang rendah.

Pentingnya riset keyword

Dari awal karir saya sebagai Blogger, alasannya dahulu memang belum mengenali wacana riset kata kunci dan bahkan saya membuat topik yang tidak ada pencarinya.

Saya memutuskan untuk melaksanakan penelusuran di beberapa situs web dan membaca postingan tersebut. Hehehe

Ternyata Blogger juga pernah merasakan hal yang sama. Padahal postingan yang dia buat peringkat 1 hasil penelusuran Google namun kenapa tidak mendapatkan trafik?

Makara kesimpulannya…

Riset keyword itu penting biar kita tidak membuang waktu dan kelelahan-kecapekan membuat postingan kemudian kesannya tidak ada yang membaca.

Lalu apa yang dimaksud dengan analisa kompetisi?

Untuk blog atau website masih baru atau pondasi SEO belum besar lengan berkuasa, ada kalanya kita perlu mengincar keyword yang kompetisinya rendah biar kita tetap bisa muncul di halaman pertama.

Artikel ini cuma pengenalan terhadap kata kunciresearch dan hubungannya terhadap SEO, kalau kau ingin mempelajari lebih lanjut perihal topik ini. Silahkan menuju bimbingan khusus untuk kata kunciresearch

Melakukan Riset kata kuncidengan Google Keyword Planner

Tools favorit saya dalam melaksanakan riset kata kunci adalah Google Keyword Planner.

Alasannya, Karena gratis dan fitur yang ditawarkan lengkap. Selain itu, Google Keyword Planner adalah milik Google dan pastinya lebih akurat.

Sebelumnya, Login untuk menerima kata kuncigratis

 Apa itu riset kata kunci dan analisa kompetisi Cara Melakukan Riset Keyword untuk Blog dan Website

Untuk melaksanakan riset keyword caranya cukup gampang:
  1. Masukkan keyword kau
  2. Pilih sasaran negara
  3. Pilih bahasa
  4. Klik 'get ideas'

Selanjutnya, kamu akan diarahkan menuju halaman berikut:

 Apa itu riset kata kunci dan analisa kompetisi Cara Melakukan Riset Keyword untuk Blog dan Website

Gambar diatas, mampu kita lihat bahwa ada 10 rb - 100 rb orang yang mencari dengan keyword atau kata kuncidigital marketer dalam sebulan.

jika saya ganti dengan seni manajemen digital ternyata balasannya 100 - 1 rb, ini artinya yang mencari digital marketer lebih banyak dibandingkan dengan seni manajemen digital.

Mencari keyword dengan kompetisi yang rendah

Dalam melaksanakan riset kata kunci, biasanya kita sebagai pemilik situs web baru mengincar persaingan yang rendah. Ini alasannya situs web baru lazimnya belum memiliki pondasi yang besar lengan berkuasa sehingga akan kalah jikalau berkompetisi dengan situs web yang besar.

Long tail keyword

Satu hal yang perlu kau kenal tentang riset keyword yaitu kata kunci berekor panjang atau long tail keyword.

Google kata kunciplanner juga menunjukkan jumlah pencarian dari kata kunci sejenis.

Misalnya, dari gambar diatas, selain keyword digital marketer juga ada keyword yang lain seperti taktik digital.

Dari sini, kalau kita mengoptimasi situs web untuk keyword digital marketer, maka hanya ada  1 rb - 100 rb pencari perbulan. Tapi bila kita mengoptimasi untuk  maka total pencariannya 1.1 rb - 101 rb.

Semua keputusan, balik lagi ke tangan kau dan berhubungan atau tidaknya konten Anda dengan long tail kata kunciyang ada.

Tunggu dulu…

Website yang dimonetisasi dengan produk afiliasi atau berbentuktoko online, long tail kata kuncilazimnya memperlihatkan conversion rate lebih besar daripada kata kuncibiasa. Ini karena orang yang menggunakan long tail biasanya niat membelinya lebih tinggi.

Sebagai acuan orang yang mencari 'kaos polos dengan 'sablon kaos. Contoh pertama lazimnya cuma ingin mencari isu, sementara yang kedua berniat ingin membeli.

selanjutnya, masuk ke klarifikasi tentang Content marketing SEO