Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog & Situs Web Agar Seo Dan Fast Loading

 Link Internal dan paling penting adalah Page Speed dalam blog tersebut Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog & Website Agar SEO dan Fast Loading

Masmalven.com - Banyak sekali faktor SEO (Search Engine Optimization) di dalam sebuah blog, adalah Judul Artikel, Meta Description, Optimasi Konten, Gambar/Foto, Link Internal dan terpenting ialah Page Speed dalam blog tersebut. Page Speed yaitu kecepatan suatu website atau blog untuk menampung sebuah halaman website atau blog. Sebenarnya semua aspek SEO sama pentingnya, tetapi kalian mesti mengamati aspek SEO yang ada.

Google pernah mengatakan bahwa Google akan memasukkan aspek Kecepatan Loading dalam merangking penelusuran Google. Selain bisa mempengaruhi SEO situs web, Page Speed juga sangat mempengaruhi trafik situs web. Karena itu, kalau loading suatu website sangat lemot atau lama maka hadirin akan meninggalkan situs web tersebut.

Faktor Mempengaruhi Loading Sebuah Situs

Semakin cepat loading page dari website, maka makin besar pula situs web tersebut menerima trafik. Kecepatan loading website mampu dipengaruhi oleh banyak faktor, meliputi.

1. Hosting

Nah, faktor pertamanya yakni Hosting. Mengapa demikian? Saat ini aneka macam penyedia layanan hosting yang menunjukkan hosting dengan harga yang terjangkau. Saya menyarankan agar kalian tidak tergiur dengan harga hosting yang sungguh murah. Karena mampu jadi hosting yang kalian pilih tidak cocok dengan keperluan situs web kalian. Jika kalian ingin berbelanja hosting maka pertimbangkan terlebih dulu dengan keperluan situs web kalian ya..

2. Widget

Faktor kedua ialah Widget. Karena fitur ini memang mampu mempercantik tampilan sebuah website. Tapi, jika kalian terlalu banyak memakai widget maka hal ini akan berimbas pada loading situs web juga. Untuk itu, kalian mesti pilih-pilih dalam menggunakan widget biar loading website kalian tidak berat.

3. Template Website

Faktor lain yang menghipnotis kecepatan loading situs web yaitu tema /template yang dipakai. Memiliki situs web dengan penampilan yang menawan memang sangat anggun. Benar bukan? Tapi jikalau kalian memakai template yang memiliki ukuran yang besar, maka hal itu bisa menghipnotis kecepatan loading situs web juga.

4. Iklan Terlalu Banyak

Terlalu banyak iklan memang mampu mensugesti kecepatan loading dalam suatu website. Meskipun bisa menciptakan duit dari iklan tersebut, tetapi iklan mampu memperberat loading situs web. Apalagi iklan yang kita pasang terlampau banyak, tentu itu sangat menganggu hadirin/pembaca. Baik itu dari segi kenyamanan dan loading website.

5. Image

Untuk menyertakan gambar di situs web memang bisa memperjelas artikel yang sedang kita bahas. Tapi bila gambar terlalu banyak maka itu juga bisa menciptakan loading website makin berat. Apalagi kalau kita menggunakan gambar yang mempunyai ukuran yang besar. Saya menyarankan semoga kalian mengompres gambar tersebut disini.

Itulah penjelasan singkat wacana Faktor Yang Mempengaruhi Loading Website. Lalu, Bagaimana cara mempercepat loading sebuah situs web? Simak klarifikasi di bawah ini.

Cara Mempercepat Loading Blog & Website

Sebenarnya ada banyak tools untuk mengukur kecepatan situs web, diantaranya yaitu PageSpeed Insight dan GTmetrix. Jika kalian cek di pagespeed kurang dari 50/100 maka bisa dikategorikan website kalian tergolong berat.

1. Mempercepat Ukuran CSS/Minify CSS

Tips pertama adalah memperkecil CSS yang ada di website tersebut. Dengan cara ini, Blog/Website kalian akan terasa lebih ringan sebab ukuran file CSS lebih kecil. Minify CSS mampu kalian lakukan dengan cara manual dan otomatis. Tapi jika kalian melakukannya dengan cara manual maka akan sangat ribet dan lama. Belum lagi bila ada kesalahan dalam memperkecil ukuran CSS seperti salah Tag terhapus dan salah satu ID terhapus. Ya kan?

2. Kompres Ukuran Gambar

 Link Internal dan paling penting adalah Page Speed dalam blog tersebut Cara Ampuh Mempercepat Loading Blog & Website Agar SEO dan Fast Loading

Seperti yang sudah aku katakan diatas, gambar merupakan salah satu faktor yang bisa menghipnotis loading sebuah website. Saya menyarankan kalian menggunakan gambar yang memiliki ukuran kurang dari 100 KB agar loading situs web kalian lebih optimal.

3. Hindari Pemakaian Gambar Untuk Background

Menggunakan gambar untuk background memang mampu mempercantik penampilan situs web kita. Tapi hal itu juga mampu memperberat loading situs web. Sebaiknya kalian mengubahnya dengan warna background lazimsaja.

4. Memasang JavaScript Lazyload

Tips keempat ialah Memasang JavaScript Lazyload. Cara ini mampu dikatakan sungguh efektif. Keunggulan memasang JavaScript Lazyload adalah gambar yang hendak diangkut sesudah halaman situs web itu terbuka, sehingga website tersebut akan terasa lebih singkat ketika dimuat. Berikut ini yakni Script JavaScript Lazyload, Pasang instruksi tersebut di sebelum atau diatas tag .


5. Gunakan Plugin Cache

Pernahkah kalian mendatangi suatu situs web dimana ketika pertama kalinya situs web itu terasa sangat berat, namun ketika mendatangi lagi situs web tersebut terasa lebih ringan. Hal itu alasannya caching browser yang menyimpan file website yang telah kalian datangi sebelumnya, sehingga saat kalian mengakses website tersebut pribadi otomatis terbuka. Bagi pengguna WordPress kalian bisa menginstall plugin W3 Cache dan untuk pengguna Blogger kalian mampu mencarinya di Blogger.

Itulah Cara Mempercepat Loading Blog Jadi Lebih Ringan. Sebenarnya ada berbagai cara mempercepat loading blog/situs web, mungkin lain kali saya akan membahasnya lagi. Bagi kalian yang masih resah, kalian bisa menulis pertanyaan di kolom komentar ya.. Happy Blogging!