Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Itu Startup? Dan Perkembangan Bisnis Startup Di Indonesia

 Mungkin sebagian orang belum memahami bisnis startup ini Apa Itu Startup? Dan Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Pengertian Startup

Tahukah Anda wacana apa itu Startup? Mungkin sebagian orang belum mengetahui bisnis startup ini.

Menurut sumber info dari Wikipedia, startup ialah merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi.

Dari definisi di atas bisa kita simpulkan bahwa Startup diartikan selaku perusahaan yang baru dikembangkan. Bisnis startup mulai berkembang final tahun 90an hingga tahun 2000, nyatanya ungkapan Startup banyak. Namun, bisnis startup ini identik dengan teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Sejarah Bisnis Startup

Nyatanya penggunaan ungkapan startup pada hal-hal yang berhubungan dengan teknologi, situs web, internet, dan yang lain, terjadi dikarenakan ungkapan Startup sendiri mulai popular secara internasional pada periode buble dot-com.

Lalu apa lagi buble dot-com  itu? Fenomena buble dot-com ialah dikala pada periode tersebut (1998-2000) banyak perusahaan dot-com diresmikan secara bersama-sama. Pada periode itu perusahaan gencar-gencarnya membuka website pribadinya.

Semakin banyak orang yang mengenal internet sebagai ladang baru untuk memulai usahanya. Dengan waktu itulah, startup muncul dan berkembang sampai saat ini.

Namun menurut Ronald Widha dari TemanMacet.com, Startup tidak hanya perusahaan gres yang bersinggungan dengan teknologi, dunia maya, aplikasi atau produk tetapi bisa juga perihal jasa dan gerakan ekonomi rakyat yang bisa mandiri tanpa pinjaman korporasi-korporasi yang lebih besar dan mapan.

Saya pun mencari isu dan menurut aneka macam sumber tentang Startup ini, akhirnya ada informasi mengenai karakteristik dari suatu perusahaan yang bisa di golongkan sebuah startup. Silahkan baca beberapa karakteristik perusahaan Startup berikut ini:
  • Usia perusahaan kurang dari 3 tahun
  • Jumlah pegawai kurang dari 20 orang
  • Pendapatan kurang dari $ 100.000/tahun
  • Masih dalam tahap meningkat
  • Umumnya beroperasi dalam bidang teknologi
  • Produk yang dibentuk berbentukaplikasi dalam bentuk digital
  • Biasanya beroperasi melalui situs web

Dari beberapa karakteristik tersebut mungkin lebih condong ke perusahaan yang bergerak di bidang teknologi dan situs web. Namun, faktanya kemajuan perusahaan yang dilabeli nama Stratup ialah perusahaan yang berkenaan dengan bidang teknologi dan online.

Perkembangan Bisnis Startup di Indonesia

Di Indonesia perkembangan bisnis Startup bisa dikatakan cukup pesat dan menyenangkan. Setiap tahun banyak founder (pemilik) Startup gres bermunculan di Indonesia. Jika merujuk usulan dari dailysocial, sekarang ini terdapat setidaknya lebih dari 1500 Startup lokal yang ada di Indonesia. Potensi pengguna internet di Indonesia yang semakin naik dari tahun ke tahun pastinya adalah suatu lahan basah untuk mendirikan sebuah Startup.

Startup di Indonesia digolongkan dalam tiga golongan, berdasarkan Rama Mamuaya, CEO dailysocial yakni;
  1. Startup pencipta game
  2. Startup aplikasi edukasi
  3. Startup jual beli mirip e-commerce dan isu

Menurutnya Startup game dan aplikasi edukasi punya pasar yang memiliki peluang dan terbuka di Indonesia. Hal ini, dikarenakan proses pembuatan game dan aplikasi edukasi relatif mudah.

Dengan pertumbuhan media sosial dan smartphone, pasar untuk mobile game dan sosial game semakin besar. Rama menilai tantangan e-commerce di Indonesia masih cukup besar dikarenakan masih minimnya penggunaan kartu kredit.

Sekarang banyak bangun komunitas founder-founder Startup di Indonesia, diantaranya ialah;
  1. Dlingo Digital Valley (dlingodigitalvalley(dot)com) Bandung
  2. Stasion (stasion.org) Malang
  3. Dilo (dilo.id) Surabaya 
  4. Dan masih banyak lagi yang yang lain

Hadirnya komunitas ini pastinya akan memudahkan para founder untuk saling sharing dan membimbing bahkan untuk menjaring para penanam modal. Para founder mampu mengikuti kompetisi yang diadakan oleh beberapa perusahaan mirip Telkom untuk menjadi penanam modal mereka.

Hal yang paling utama dan Anda perhatikan untuk mendirikan bisnis Startup yaitu tim yang solid, sebab bisa menyebabkan pandangan baru-wangsit baru yang inovatif dan kreatif.

Dalam sebuah wawancara yang dilaksanakan oleh wartawan Warta Ekonomi kepada Startup Mentor di Silicon Valley. Molly mengatakan bahwa nyaris semua Startup gagal, tetapi dari kegagalan itu tidak mesti dipandang selaku sesuatu yang negatif alasannya masih banyak sisi postif yang lain.

Maksudnya, jika founder Startup gagal saat melaksanakan hukuman maka akan berkesempatan untuk mencar ilmu sesuatu yang gres seperti rancangan trial dan eror kebanyakan.

Nah, berikut ini niscaya Anda tahu Startup setempat yang telah sukses di dunia maya diantaranya Kaskus dan Urbanesia. Saya berharap supaya Startup setempat di Indonesia bisa terus meningkat sehingga bisa merambah pengguna internet di Internasional seperti Facebook, Twitter, dan lain-lain.

Sebagai epilog, saya hidangkan video wawancara dengan CEO Urbanesia tentang perkembangan Startup yang ada di Indonesia.