Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Penggunaan Google Scholar

 teknologi kini semakin memberi kemudahan bagi siapa saja yang menggunakannya 5 Tips Penggunaan Google Scholar

Sekarang, teknologi sekarang makin memberi akomodasi bagi semua orang yang menggunakannya. Termasuk bagi pelajar, mahasiswa dan pekerjaan yang berhubungan dengan data-data penting dan sebagainya. Dengan adanya Google Scholar dinilai sungguh menolong profesi tersebut dalam aneka macam observasi maupun penulisan.

Bagaimana memaksimalkan Google Scholar?

Mencari penulis dengan mudah

Dengan Google Scholar ini, kamu mampu mencari referensi ihwal postingan maupun publikasi berdasarkan nama penulisnya. Biasanya, satu penulis bisa membuat karya lebih dari satu sehingga kita kadang-kadang lupa dengan judul goresan pena dan hanya menghafalkan nama penulisnya.

Kamu tidak perlu cemas, sebab di Google Scholar kamu mampu mencari dengan menurut nama tersebut.

Maksudnya, penulis bernama Edy yang menulis perihal dunia digital marketing, maka kamu bisa mengetiknya dengan 'Edy Digital Marketing'. Alangkah baiknya bila kau menulis nama penulisnya secara lengkap.

Pencarian berdasarkan publikasi

Di Google Scholar kau mampu mencari dengan mengetikkan judul dan memilih kategorinya. Misalnya jikalau kamu mencari postingan atau publikasi tentang ulasan wacana manajemen. Maka akan timbul banyak artikel dari semua postingan yang terdata.

Kalau ingin menyempitkan pencarian di suatu jurnal, kau bisa mengetikkan kata 'administrasi-jurnal manajemen'. Lebih mudahnya kau mesti melakukan banyak percobaan supaya dikala kau mencari penelusuran berikutnya semakin mudah dan ukiran pena mampu didapatkan.

Cari berdasarkan tahun dan tanggal terbit

Terkadang ada beberapa judul buku atau gesekan pena dan pengarang yang serupa, ukiran pena tersebut memiliki tahun yang bertentangan. Dari ukiran pena tersebut lazimnya sudah direvisi dengan baik dari segi isi maupun bahan oleh pemiliknya. Artinya Google Scholar akan timbul versi yang sebelum dan setelah direvisinya. Oleh alasannya adalah itu, kau perlu mencari berdasarkan tanggal terbitnya.

Meskipun Google Scholar tidak memberikan tanggal penerbitan, namun akan muncul tahun penerbitan dari artikel maupun publikasi yang kau cari. Pencarian dengan menggunakan tahun terbit sangat berguna jika kau mencari pertumbuhan terbaru dalam bidang tertentu.

Agar tulisan timbul di Google Scholar

Jangan cemas, dengan adanya Google Scholar kamu pun juga mampu menerbitkan artikel supaya semakin dikenal oleh orang lain. Caranya kamu masuk ke akun Google dan mengisi formulir registrasi.

Tips bagi kau yang ingin tulisanmu banyak dijadikan contoh selain mutu dan tampilannya agar tampakprofesional.

Caranya, Profil yang kamu miliki di Google Scholar hendaknya bersifat publik dan mempunyai email yang telah diverifikasi di instansi maupun universitas (bukan alamat email mirip email kebanyakan misalnya gmail.com dan sebagainya).

Langkan Selanjutnya, buatlah akun dengan nama orisinil kamu dan jangan sesekali menggunakan nama samaran. Karena hal ini, dilakukan supaya dikala tulisanmu dijadikan rujukan oleh orang lain, kau akan memiliki kredibilitas yang lebih ketimbang memakai nama samaran.

Cukup mudah bukan untuk memaksimalkan penggunaan Google Scholar?

Untuk mampu terhubung dengan baik, kau juga perlu mempunyai jaringan internet yang mumpuni. Oleh alasannya adalah itu, kamu wajib menentukan penyuplailayanan hosting terpercaya di Indonesia.

Semoga penjelasannya ini bisa diterima oleh pembaca dan menerapkannya. Terima kasih telah mendatangi postingan saya. Jika kamu ada pertanyaan atau saran, jangan sungkan untuk menawarkan komentar kalian.