Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Referensi Situs Web Untuk Belajar Coding Secara Online

 tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar Coding 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Untuk proses membangun suatu website, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui sedikit wawasan dasar seputar Coding. Meskipun Anda sudah melakukan install WordPress dan merasa belum begitu besar urgensi untuk mempelajarinya, tetapi ada beberapa faedah yang mampu Anda dapatkan jika mempelajarinya.

Selain Anda mampu melakukan pengelolaan situs web dengan baik, Anda tidak perlu memakai jasa website developer untuk mengembangkan website. Jika Anda membuat situs web sendiri dengan platform mirip Website Builder dirasa kurang memuaskan. Kemampuan coding mampu membantu Anda untuk mengeksplorasi fitur-fitur situs web dengan lebih leluasa sesuai cita-cita Anda.

Jika Anda ingin menguasainya, berikut ini ialah 5 acuan website yang mampu Anda gunakan untuk belajar coding secara online.

1. Code Academy

 tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar Coding 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Pengguna Code Academy telah meraih lebih dari 24 juta orang didalamnya dan pantas disebut selaku salah satu situs yang paling banyak dimanfaatkan oleh mereka yang ingin mempelajari coding secara gratis.

Selain itu, ada banyak penawaran kursus online yang bisa Anda maksimalkan lewat platform ini, mulai dari programming for beginner sampai ke materi perihal bahasa pemrograman tingkat lanjut. Metode pembelajaran dan pendekatan yang mampu dilaksanakan bisa terbilang cukup interaktif. Tidak cuma sekedar menerima teori, tetapi bisa pribadi mengaplikasikan apa yang sudah Anda pelajari.

Untuk konten seputar coding memiliki kuota waktu sampai 300 juta jam, sehingga ini cocok untuk para pemula maupun programmer yang sudah terlatih. Bahasa pemrograman sendiri mampu dipelajari di dalamnya berbentukHTML, JavaScript, CSS, jQuery, PHP, Python, dan Ruby.

2. BitDegree

 tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar Coding 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

BitDegree adalah salah satu platform edukasi online yang berbasis blockchain, dan ada berbagai kursus gratis yang ditawarkan. Untuk kursus tidak hanya berbentukprogramming untuk membangun sebuah situs web, tetapi juga programming untuk game development. Kursus game development ini dikenal dengan istilah gamification.

Bagi Anda yang mengawali kursus di BitDegree, bisa mulai melakukan registrasi terlebih dahulu dan menentukan bahasa apa yang ingin Anda gunakan. Pilihan bahasa berisikan Bahasa Inggris, Rusia, Spanyol, Indonesia, dan Portugis. Selanjutnya, Anda bisa menentukan skill apa yang ingin Anda pelajari melalui platform tersebut.

Beberapa jenis bahasa pemrograman popular yang bisa dipelajari lewat BitDegree, diantaranya yaitu HTML, CSS, PHP, JavaScript, SQL, dan jQuery. Proses pembelajarannya, BitDegree menyediakan tata cara reward and achievement bila pengguna telah sukses menuntaskan kursus yang diambilnya.

Satu lagi, Anda tidak cuma mengukur seberapa besar keberhasilan kursus yang sudah diambil, namun dengan capaian tersebut mampu dipakai oleh para rekruiter untuk mendapatkan talenta-talenta gres yang patut melaksanakan pekerjaan di perusahaannya.

3. Free Code Camp

 tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar Coding 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Hal ini berlainan dengan situs web mencar ilmu coding yang hanya memberikan bimbingan, tetapi Free Code Camp memberikan real-life communication dan memiliki komunitas untuk mencar ilmu seputar bahasa pemrograman secara langsung. Dengan menggunakan platform ini, Anda juga mampu ikut serta aktif dalam berbagai challenge.

Untuk menyelesaikan challenge tersebut, platform ini akan menunjukkan Anda saluran menuju tutorial dan kursus pemrograman apalagi dahulu. Dengan aba-aba tersebut, Anda mampu menyelesaikannya dengan gampang. Semakin banyak challenge yang bisa Anda tuntaskan, bertambah banyak pula wawasan seputar pemrograman yang Anda kuasai.

4. Codewars

 tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar Coding 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Codewars nyaris sama dengan Free Code Camp, Anda juga mampu mempelajari coding atau bahasa pemrograman seperti Java, C#, JavaScript, Ruby, Phyton, dan SQL lewat aneka macam rangkaian tantangan atau challenge. Untuk tantangannya cukup unik alasannya adalah terinspirasi dari seni bela diri.

Dari setiap tantangan di dalamnya disebut dengan perumpamaan kata yang merujuk pada olahraga judo di Jepang. Tujuannya, untuk mempertajam kemampuan serta keahlian yang dimiliki para penggunanya melalui bahasa pemrograman tertentu.

Setelah itu, hasil simpulan dari kata tersebut juga mampu dipakai untuk mempelajari aba-aba baru dari permulaan. Bagi Anda yang sudah sukses menyelesaikannya, kata selanjutnya pun akan kian menantang.

Anda mampu melihat komparasi penyelesaian yang sudah Anda miliki dan yang pengguna lain tawarkan. Dari situ, Anda mampu menggali lebih jauh teknik-teknik yang berlawanan untuk mengatasi setiap duduk perkara terkait dengan development.

5. Code School

 tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahami sedikit pengetahuan dasar seputar Coding 5 Referensi Website untuk Belajar Coding Secara Online

Untuk para pemula yang ingin mempelajari coding secara online, baik gratis maupun berbayar. Code School adalah salah satu platform yang bisa mengakomodirnya. Website Code School ini telah mempunyai lebih dari satu juta pengguna dari aneka macam penggalan dunia.

Selain mampu dikelola dengan tata cara dan proses pembelajaran yang berlainan, kursus online lewat Code School juga bisa diputuskan oleh bahasa pemrograman yang dipilih serta keahlian yang dikuasai.

Anda mampu mempelajari beragam bahasa pemrograman mirip HTML, CSS, JavaScript, Ruby, Elixir, PHP, Python, iOS, dan Database. Untuk proses pembelajarannya, ada 4 jenis pendekatan yang digunakan, diantaranya.

  1. Pemilihan jalur kursus yang disusun dan dibentuk eksklusif oleh para expert, dan pelajari materi yang sudah disediakan
  2. Untuk berlatih coding, Anda bisa menggunakan browser dan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan feedback
  3. Setiap Anda menyelesaikan 1 level kursus ke level yang lain, Anda akan menerima poin untuk setiap bahan yang telah dipelajari
  4. Untuk mengukur tingkat keberhasilan kursus yang telah diambil, Anda mampu memonitor pribadi dengan laporan berbentukprogres dan capaian yang telah Anda peroleh

Kesimpulan

Di dunia teknolgi kini ini, Anda tidak butuhmengambil kuliah di Teknik Informatika untuk mampu mempelajari coding. Banyak sumber belajar berupa tutorial coding yang sesuai untuk para pemula baik untuk bekerja selaku seorang programmer, menciptakan website untuk klien maupun project langsung. Anda juga bisa memanfaatkannya secara optimal :) Happy Coding!