Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Unsur Utama Dalam Seo Suatu Situs Web


Untuk mendapatkan rangking yang manis di mesin penelusuran (khususnya Google) bukanlah sesuatu yang merepotkan jika kita mengetahui cara mengoptimasi suatu halaman situs web. Banyak bahan ihwal SEO yang beredar di internet, baik itu dalam bentuk ebook ataupun dalam bentuk artikel-postingan situs web. Dari banyaknya artikel yang membicarakan perihal SEO, saya ingin merangkum apa yang saya ketahui dan sudah aku kerjakan untuk meningkatkan secara optimal situs web.

Untuk mengoptimasi website di mesin penelusuran, Ada 3 bagian utama dalam SEO website yang mesti kita ketahui. Diantara 3 komponen itu antara lain; SEO Friendly Website (On Page Factor), Backlink (Off Page Factor), dan Riset Keyword. Dengan mengenali hal itu, kita akan lebih gampang melakukan optimasi situs web di mesin penelusuran untuk jangka panjang.

Berikut ini pembahasan perihal 3 unsur utama dalam SEO tersebut:

1. Kata Kunci (Keyword)

Kata kunci (Keyword) adalah rangkaian kata yang diketikkan seseorang di kolom pencarian dikala mereka mencari info di search engine, contohnya Google. Kata kunci (keyword) bisa dari satu suku kata, dua suku kata, tiga suku kata, atau bahkan dalam bentuk kalimat pendek, tergantung dari masing-masing user. Di dalam satu Niche suatu website, ada beberapa keyword yang sering digunakan oleh user Google di mesin penelusuran. Para pemilik website perlu melakukan riset kata kunciuntuk mendapatkan list kata kunci tersebut.

Riset kata kunci yakni langkah-langkah yang dikerjakan oleh pemilik situs web dalam mencari dan menentukan kata kunci (keyword) yang paling berhubungan dengan niche website yang hendak dibangun, baik itu keyword untuk halaman utama ataupun untuk halaman artikel. Dengan melakukan riset keyword (kata kunciresearch) kita bisa mengenali kata kunci apa yang banyak dicari oleh para pengguna Google, dan bagaimana tingkat kompetisi pada kata kunci tersebut.

Jika situs web kita memakai keyword yang sempurna maka peluang untuk mendapatkan rangking yang anggun di SERP (Search Engine Result Page) akan makin baik, dan niscaya ini akan memperlihatkan trafik memiliki potensi yang sangat besar.

Untuk memilih kata kunci yang tepat, ada banyak cara yang mampu dilaksanakan untuk website Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan keyword (keywords) tersebut ialah dengan menggunakan tools gratis dari Google, yakni Google Keyword Planner.

Kesimpulannya, Riset keyword (Keywords Research) yaitu langkah pertama yang sungguh krusial dalam membangun situs web yang SEO friendly. Menurut mas malven, komponen ini memiliki dosis sebesar 40% dalam kampanye SEO sebuah situs web. Dengan menentukan keywords yang sempurna akan membuat proses meningkatkan secara optimal situs web dan menerima trafik memiliki peluang dari mesin telusur akan kian gampang.

2. Membangun Website yang SEO Friendly (On Page Factor)

Nah, Apa itu SEO Friendly?

SEO Friendly yakni situs web yang dibangun dengan standar tertentu sehingga situs web tersebut gampang dijelajahi dan dimengerti oleh mesin penelusuran. Perlu dimengerti bahwa sebuah situs web mesti menunjukkan manfaat bagi user dan mudah digunakan/dinavigasi. Berdasarkan pengalaman saya, cuma ada beberapa yang sungguh besar lengan berkuasa pada kekuatan On Page SEO, diantaranya:

A. Penempatan Kata Kunci (Keywords)

Jika Anda ingin mengoptimasi halaman situs web untuk kata kunci tertentu, tentukan keyword (keywords) tersebut tercantum di dalam halaman situs web Anda sehingga Google lebih memahaminya. Ada beberapa bagian di dalam website Anda yang perlu disertakan keyword yaitu:
  • Title Tag (judul halaman situs web)
  • Meta Desciption
  • Awal Paragraf Artikel
  • Semantic URL
  • Sistem Navigasi
  • H1, H2, H3 Tags
  • Internal Links
  • File Gambar (alt)

B. Membangun Konten yang Berkualitas dan Relevan

Jika kita perhatikan, sebagian besar website yang memiliki banyak konten yang bermutu pastinya merajai SERP Google. Pastikan konten Anda bermutu dan relevan dengan topik yang dibahas.

Konten yang detail akan lebih gampang masuk halaman utama Google dan condong bertahan lebih lama di SERP Google. Kalau Anda ingin mengoptimasi konten dengan keyword tertentu, tentukan keyword tersebut tersemat di dalam 100-500 kata paragraf awal artikel yang dibuat.

C. Meningkatkan Interaksi Pada User Website Anda

Dengan interaksi user di website/blog ternyata kuat pada SEO. Hal ini, akan membuat bounce rate (tingkat pentalan) di dalam suatu website akan makin kecil.

Bagaimana cara meminimalkan bounce rate?

Misalnya menambahkan image yang atraktif, menambahkan video, atau diagram sehingga konten kita akan semakin menarik dan menciptakan user betah di situs web/blog kita. Jangan lupa, berikan potensi terhadap audiens Anda untuk menawarkan opini atau komentar dengan menyertakan kolom komentar pada artikel blog Anda.

D. Menambahkan Outbound Links

Menambahkan outbound links, akan memberikan sinyal pada Google apa yang menjadi konsentrasi topik pada konten Anda tersebut. Serta, Anda mesti memastikan bahwa website yang diberikan yaitu website yang punya Authority pada topik yang Anda bahas.

E. Kecepatan Load Website Anda

Tim Google pernah menyebutkan bahwa kecepatan load suatu situs web merupakan salah satu aspek yang sangat penting di dalam SEO. Kalau situs web yang proses loading-nya lambat maka biasanya ditutup oleh user yang tidak sabar menunggu, sehingga ini berpengaruh pada hasil penelusuran di Google. Anda mampu cek kecepatan loading situs web Anda dengan menggunakan GTMetrix.com.

3. Membangun Backlinks (Off Page Factor)

Menurut mas malven, backlinks yakni tautan dari sebuah halaman situs web menuju situs web lain, dengan kata lain suatu website memperlihatkan tawaran kepada usernya untuk mengunjungi situs web lain.

Ini bermaksud untuk menyebarkan popularitas suatu halaman website, sehingga situs web tersebut mempunyai kesempatanuntuk mendapatkan posisi yang lebih baik di SERP (Search Engine Result Page) Google.

Sekarang ini, banyak website yang bisa kita manfaatkan untuk membangun backlinks. Menurut pengalaman eksklusif, ada berbagai jenis backlinks yang sungguh efektif untuk kampanye SEO website, diantaranya:

A. Links dari Media Sosial

Untuk membangun backlink, biasanya saya memakai media umum seperti Facebook, Twitter, Pinterest, dan lain-lain. Link ini biasanya nofollow, tetapi tetap mampu membuatkan popularitas sebuah halaman website.

B. Links dari Authority Website

Untuk mendapatkan links ini agak sulit sebab lazimnya si pemilik situs web authority akan sungguh kritis dalam menyeleksi artikel yang dibentuk penulis tamu dan links yang keluar dari websitenya.

Caranya bagaimana?

Kita mesti mengantarkan artikel yang sungguh-sungguh anggun dan juga sesuai dengan niche websitenya. Dengan hal ini, jerih payah Anda akan terbayar jikalau sukses menerima beberapa links dari situs web populer alasannya adalah efeknya bagi website Anda akan sangat manis. Anda bisa manfaatkan situs web authority di kompasiana. Jangan pernah mengantarkan artikel spam.

C. High Quality Blog Network

Inilah yang sering menjadi rahasia oleh para SEO utamanya para internet marketer, dan umumnya blog network memang sengaja dibangun untuk memberikan links ke situs web utama.

Persyaratannya, harus menggunakan domain yang berumur dan telah memiliki authority sehingga semua konten yang hendak diposting di dalam blog tersebut akan gampang di index oleh search engine. Pada karenanya, ini akan menunjukkan pengaruh yang sangat bagus bagi website utama.

Pastikan konten yang Anda bangun berkaitan dengan niche website utama Anda.

D. Links dari Social Bookmarking

Saya sering menggunakan Diigo untuk social bookmarking, lintasme, dan lain-lain. Dari links tersebut, ada yang nofollow dan ada juga yang dofollow. Optimasi dari social bookmarking biasanya sungguh efektif untuk website lokal, tetapi Anda juga perlu waspada alasannya terlalu banyak social bookmarking dan dalam tempo yang singkat, bisa berakibat jelek.

E. Links dari Forum Signature

Untuk membangun backlinks, beberapa forum yang saya gunakan adalah bersosial, lembaga detik, dan forum kompas, dan lain-lain. Selain memasang links di signature, kita juga boleh memasang links di dalam postingan yang kita posting di lembaga tersebut, efeknya juga lebih baik untuk SEO. Pastikan Anda tidak melakukan Spam alasannya adalah sebagian dari situs forum tersebut sungguh ketat peraturannya.

F. Links dari Web 2.0 Properties

Web 2.0 yang saya gunakan ialah Blogger, Tumblr, dan Pinterest. Links tersebut adalah dofollow dan khusus untuk blogger dan tumblr lazimnya aku mempergunakan blog berumur usang dan sudah memiliki Page Rank (PR) sebagai sumber backlinks. Sekarang blog tersebut telah ditinggalkan oleh pemiliknya dan bisa didaftarkan kembali oleh user gres, golongan blogger sering menyebutnya Blog Zombie.

Mudah-mudahan Anda mampu menerima poin-poin penting yang mesti dijalankan dalam kampanye SEO suatu webiste sehingga situs web Anda akan teroptimasi dengan baik di search engine. Semoga berguna dan terima kasih atas kunjungan Anda.