Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Untuk Menghemat Polusi Udara

 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengurangi Polusi Udara 3 Cara Untuk Mengurangi Polusi Udara

Polusi udara tidak hanya mengakibatkan gangguan pernafasan saja, tetapi juga mampu mengakibatkan hal yang tidak diperlukan. Karena tingginya mobilitas penduduk dalam berkendara sehingga meningkatkan tingkat polusi udara.

Apalagi di tempat perkotaan, polusi udara lebih tinggi dan mampu menimbulkan gangguan kesehatan. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memberikan bahwa polusi udara yaitu salah satu problem lingkungan terbesar yang memberikan efek siginifikan pada kesehatan manusia.

Mengurangi polusi udara mampu mampu meminimalisir risiko penyakit stroke, jantung, paru-paru, serta persoalan pernapasan akut maupun kronis mirip asma.

Memang, kini ini kualitas udara di kota-kota besar di dunia masih belum memenuhi kriteria kesehatan dunia, salah satunya kota-kota di Indonesia.

Nah, bagaimana cara untuk menghemat polusi udara ini? Dengan cara dibawah ini, Anda turut serta untuk menyelamatkan lingkungan dari pencemaran udara.

3 Cara yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mengurangi Polusi Udara

1. Mengurangi Polusi Udara di Jalan
Bagaimana cara menghemat polusi udara di kota? Anda bisa memulai pergeseran sederhana yaitu:
  • Beralih ke Transportasi Umum
  • Banyaknya kendaraan pribadi di jalan raya sehingga menjadikan kemacetan dan polusi udara. Anda bisa menguranginya dengan beralih dari kendaraan langsung ke transportasi lazim sehingga asap dari kendaraan langsung sedikit berkurang.
  • Bersepeda
  • Penerapan Car Free Day (CFD) ialah salah satu cara yang sempurna untuk meminimalisir polusi udara sekaligus menyehatkan. Hal ini mampu kita jumpai dikala hari libur (Minggu) bukan.. Tapi bagaimana kalau penerapan ini ditambah menjadi 2 hari (Sabtu dan Minggu). Setidaknya kita bisa menghemat pencemaran udara di jalan raya.
  • Merawat Mesin Kendaraan Secara bersiklus
  • Jika kendaraan pribadi Anda tidak terawat dengan baik maka akan berisiko polusi udara. Polusi udara mampu datang pada kendaraan bermotor atau kendaraan beroda empat. Rawatlah kendaraan secara terpola, mirip Anda merawat diri sendiri.

2. Mengurangi Polusi Udara di Rumah
Tidak hanya kendaraan eksklusif saja, namun Anda bisa melakukan hal sederhana adalah di rumah. Anda untuk meminimalisir polusi udara dalam ruangan, diantaranya:
  • Membuat Taman di halaman Rumah
  • Menanam rumput atau pot di halaman rumah menciptakan udara menjadi lebih segar dan menyehatkan. Termasuk urban farming juga. Bagaimana jikalau lahannya terbatas? Anda mampu memakai metode hidroponik.
  • Tidak Merokok di dalam Rumah
  • Ubahlah kebiasaan merokok di dalam rumah. Karena asap rokok terkandung bahan kimia yang mampu mencemarkan polusi juga. Tidak cuma itu saja, orang yang tidak merokok bisa saja terkena risiko pernafasan, asma dll.
3. Kurangi Sampah dan Daur Ulang
  • Gunakan barang-barang bekas untuk membuat kerajinan yang unik dan keren. Selain menghemat duit, setidaknya Anda telah sukses meminimalisir polusi udara. Anda mampu membeli barang-barang bekas di toko loak, furniturbekas dan perabot bekas di akrab rumah.
  • Cobalah untuk menyingkir dari pembelian produk styrofoam. Mengapa demikian? Karena styrofoam yakni materi kemasan yang merepotkan untuk didaur ulang.

Ada banyak cara untuk meminimalisir polusi udara ini. Jika cara-cara diatas secara konsisten dijalankan oleh semua orang maka polusi udara akan berkurang.

Demikian Cara Mengurangi Polusi Udara. Semoga berguna!