Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Cara Memotret Dengan Kamera Hp Demi Hasil Terbaik


Masmalven.com - Anda ingin punya keahlian memotret yang cantik namun tidak memiliki kamera yang mutakhir? Tak perlu khawatir, di abad teknologi yang canggih ini, Anda mampu gunakan kamera Android atau Smartphone yang telah dilengkapi dengan spesifikasi kamera yang mumpuni sehingga hasil foto pun akan manis.

Namun, Anda juga mesti tahu cara dan tips memotret yang bagus dan benar dengan HP Android untuk mendapatkan hasil foto layaknya menggunakan kamera DSLR atau SLR.

Beberapa teknik fotografi di Smartphone perlu Anda pelajari termasuk cara men-setting kamera, cara ambil sudut pandang, mengamati pencahayaan yang bagus dan cara membidik gambar.

Untuk menerima hasil jepretan terbaik mirip fotografer terkenal lainnya, cobalah untuk menerapkan sistem dasar yang mudah di bawah ini.

Caranya yang mudah dan cepat mampu dengan gampang dipraktekkan oleh pemula sekalipun. Dengan cara ini Anda bisa berguru dan meningkatkan kemampuan foto menggunakan HP. Yuk simak, informasi dan tips berikut ini:

Cara memotret dengan Smartphone biar akhirnya Bagus

1. Bersihkan Lensa Kamera Android Terlebih Dahulu

Pertama yang perlu dilaksanakan yakni membersihkan kamera HP atau Smartphone. Mengapa demikian? Sebab tanpa disadari mampu saja tangan kita berkeringat menjamah lensa kamera utama di Smartphone Anda.

Karena, noda minyak atau keringat tersebut pada kesannya akan meninggalkan noda tipis di bagian lensa tanpa kita sadari. Coba gunakan tisu bersih untuk membersihkan lensa kamera agar tidak mengusik hasil foto nantinya.

2. Pencahayaan yang Cukup

Pencahayaan yang cukup yakni aspek utama anggun atau tidaknya hasil foto nantinya. Nah, fotografi sendiri memiliki arti "melukis dengan cahaya". Karena itu, cahaya ialah komponen yang sungguh penting dalam program memotret. Sebelum Anda memotret pastikan bahwa pencahayaan pada objek cukup jelas.

3. Jaga Kestabilan Kamera

Hasil foto akan terlihat elok jikalau kamera terus pada posisi stabil. Agar kamera tidak goyang atau ada getaran dari tangan ketika memotret. Jika hp kita tidak stabil, maka hasil foto akan buram dan tidak bisa fokus pada objek.

Cobalah untuk manfaatkan tripod atau penyangga ponsel semoga kamera lebih tersadar kestabilannya.

4. Dekati Objek bukan di Zoom

Menggunakan Zoom pada objek yang lebih jauh yaitu salah satu kesalahan yang sering dilaksanakan pada ketika memotret. Menggunakan zoom boleh saja, namun hasil foto yang sudah diambil bisa saja buram atau blur. Karena tingkat kefokusan gambar akan menyusut.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk memposisikan jarak antara diri Anda dengan objek tidak terlalu jauh sehingga Anda tidak perlu menggunakan zoom. Memotret tanpa zoom akan terlihat lebih natural, tidak pecah, dan jelas.

5. Memotret dari berbagai Angle

Bagi yang belum tahu, Angle biasa disebut dengan sudut foto. Nah, Angle ini mampu besar lengan berkuasa besar pada foto yang dihasilkan. Jika Anda lazimnya memotret dari sudut yang umum, hasil foto pun akan menjadi lazimsaja. Cobalah kerjakan dari banyak sekali angle atau sudut yang bertentangan. Sudut foto yang bermacam-macam akan memiliki kegunaan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus.

6. Manfaatkan High Resolution pada HP Kamu

Jaman yang serba mutakhir ini, banyak vendor ponsel pandai yang menanamkan fitur pada kamera yang memungkinkan Anda memilih resolusi gambar yang hendak digunakan. Untuk menerima kualitas foto yang cantik, mulailah dengan memilih resolusi yang paling tinggi sebelum memotret pada suatu objek.

Sebelum itu, coba untuk cek apalagi dulu kapasitas memori ponsel Anda. Karena semakin tinggi resolusi yang dipilih, maka kian besar pula ukuran file dari hasil jepretan Anda.

7. Percantik Hasil Foto dengan Aplikasi Editor

Hasil foto akan semakin manis dan keren jika diberi sentuhan filter yang elok dan unik dari banyak sekali aplikasi yang tersedia. Salah satunya menggunakan aplikasi photo editor yang mampu dengan mudah di download di Ponsel Anda.

Selain pemanfaatan filter, Anda mampu kembali menyempurnakan hasil potret dengan mengontrol dalam mode contrast, brightness hingga crop.

Tapi perlu diingat, jangan terlalu berlebihan dalam mengedit foto Anda. Mengapa demikian? Mengedit terlalu berlebihan mampu menghilangkan hasil natural dari si foto tersebut. Aplikasi mirip halnya photo editor cuma digunakan untuk menghiasbukan untuk mengganti hasil foto.

8. Hindari Penggunaan Flash pada HP kau

Di masa kini ini, hampir semua Android atau ponsel bakir mempunyai yang namanya fitur lampu kilat atau flash. Jika Anda ingin mutu foto terbaik, maka jangan gunakan flash ini. Bagaimana dengan kamera DSLR atau SLR? Lampu kilat tersebut cuma digunakan pada kondisi yang mendesak saja.

Setiap hasil foto akan nampak lebih manis bila cahaya yang digunakan natural. Keberadaan fitur ini akan Anda butuhkan dikala akan memotret objek dalam kondisi gelap saja.

9. Gunakan Mode HDR

Mode HDR ini ialah mode yang terdapat pada sebagian besar kamera Android atau Smartphone. Fungsi mode HDR ini, untuk mengambil foto dengan objek stasioner dan menetapkan bahwa pencahayaan serta bayangan di dalam foto untuk diekspos secara merata.

Hal ini sungguh berfaedah untuk digunakan pada kontras tinggi dan Anda juga mampu menggabungkan dua foto terbaik dalam satu foto.

10. Aturan Sepertiga

Tips terakhir dalam dunia fotografi yakni hukum sepertiga. Aturan ini memungkinkan Anda memotret dengan hasil foto yang andal.

Dalam aturan sepertiga ini, Anda perlu untuk memposisikan sebuah objek secara sejajar dengan jalur horizontal dan vertikal.

Dengan kata lain, mata kita akan terfokuskan pada gambar yang terbagi menjadi tiga, yang dimana subjeknya berada dibagian sentra foto tersebut.

Hasil foto tersebut, Anda bisa bagikan di media umum mirip Instagram, Facebook, Twitter, Line, WhatsApp dll. Kegiatan fotografi mampu menjadi sebuah hal yang menggembirakan apabila Anda tahu cara mengambil foto yang elok. Ya kan?

Itulah penjelasan secara lengkap wacana cara untuk memaksimalkan fungsi kamera HP dengan mengenali trik mengambil foto yang elok dan kece.